Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja, Kamis memimpin penyelaman dan pengibaran bendera Merah Putih di kedalaman 10 meter di Perairan Teluk Humboldt, Jayapura, yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI.

Seluruh penyelam yang berjumlah 106 orang mengenakan seragam dari satuan masing masing, seperti dari Polri, TNI, Basarnas dan ASN berlangsung di tengah hujan rintik yang mengguyur Kota Jayapura dan sekitarnya. Sebelum dilaksanakannya penyelaman dan pengibaran bendera Merah Putih, rombongan dengan menggunakan kapal patroli Polair Polda Papua dan puluhan perahu motor menuju Perairan Teluk Humbolt.

Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja seusai penyelaman dan pengibaran bendera Merah Putih menyampaikan puji syukur karena kegiatan tersebut berlangsung lancar dan aman.

Sebanyak 106 penyelam berhasil mengikuti kegiatan tanpa mengalami kendala yang berarti, walaupun kondisi perairan di Teluk Humboldt memprihatinkan karena banyaknya sampah.

“Perairan Teluk Humboltd banyak dipenuhi sampah, terutama sampah plastik, sehingga mengotori perairan tersebut,” kata Rodja yang berharap pihak terkait segera membenahi sehingga perairan di sekitar Jayapura tidak lagi dipenuhi sampah.

Selain itu warga juga diminta kesadarannya agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke laut, kata Irjen Pol Rodja.

Ia menjelaskan bahwa Polda Papua dalam rangka memperingati HUT RI 2019 ini juga melakukan sejumlah pertandingan internal.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024