Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi wilayah terpencil yakni Simbuang, salah satu kecamatan di bagian barat Tana Toraja yang berbatasan dengan Pinrang (Sulsel) dan Mamasa, Sulawesi Barat.

Wagub Andi Sudirman Sulaiman mengatakan kunjungan kerja ini merupakan bentuk kerja nyatanya bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam pembangunan infrastruktur jalan di setiap wilayah di provinsi itu.

"Ada 3 wilayah yang sangat ingin saya kunjungi, Seko, Rampi, dan Simbuang. Dari dulu saya ingin sekali ke wilayah tersebut," Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Kamis.

Kondisi infrastruktur di Kecamatan Simbuang, Tana Toraja Sulawesi Selatan, membuat puluhan warga harus bersusah payah melintasi medan yang berat.

Bahkan untuk menjual hasil ladang agar dapat membeli kebutuhan pokok saja mereka harus berjalan kaki naik turun gunung hingga lima jam.

"Pemprov telah menganggarkan 50 km pembukaan, pelebaran dan pengerasan jalan Massupu ke batas Pinrang, bantuan keuangan dari pemerintah provinsi ke kabupaten tanah Toraja untuk pengerjaan 20 km," jelasnya.

Memanfaatkan waktu kunjungan ke Simbuang, Wagub mengunjungi bendungan Sarambu Silolo, menyapa masyarakat yang sakit dan meninjau Sekolah Dasar 196 Simbuang dan puskesmas setempat.

Warga pun terlihat antusias menyambut kedatangan Wagub Sulsel yang dinilai masih seperti mimpi. Pasalnya baru kali ini, seorang Wakil Gubernur mengunjungi tempat tinggal mereka.

"Setelah 20 tahun, akhirnya ada pemimpin kepala daerah Provinsi yang datang ke Simbuang. Sejak Provinsi Sulawesi Selatan berdiri," ujarnya Camat Simbuang Rita Tolayuk.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024