Makassar (ANTARA) - Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb ikut melaksanakan kegiatan Pramuka Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Kebun Raya Pucak Tompobulu, Kabupaten Maros, Ahad.

Kegiatan Persami Pramuka tersebut diikuti 10 perwakilan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Makassar di mulai pada 31 Agustus hingga 1 September 2019 di kabupaten setempat.

Iqbal mengatakan turut senang melihat antusias para siswa dan juga pendamping dalam kegiatan positif tersebut. Menurutnya, hal ini perlu ditingkatkan dan dapat jadikan agenda rutin.

"Saya bahagia melihat anak-anak kita bermain bersama di alam terbuka. Para pendamping juga nampaknya sangat menikmati. Semoga ini bisa diagendakan dan semakin dibenahi agar lebih baik lagi nantinya," kata Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Makassar itu.

Ketua Panitia Persami Pramuka Hikmah Mangani menuturkan kegiatan ini diselenggarakan dua hari yakni 31 Agustus dan 1 September 2019. Terdapat 10 SMP di Kota Makassar turut berpartisipasi. Semuanya mengirimkan perwakilannya untuk ikut dalam perkemahan tersebut.

Kendati demikian, pihaknya harus mengacak semua SMP yang ada di Makassar untuk ikut Persami, mengingat tingginya antusias peserta. Ia pun berharap ke depannya akan menjadi agenda rutin.

"Dari 54 SMP yang ada di kota Makassar semuanya mau ikut, namun untuk awal kami hanya memilih 10 sekolah yang diundi secara acak. Ke depan semua sekolah akan mendapatkan bagian untuk ikut terlibat dalam perkemahan dengan konsep seperti ini," harap Hikmah.

Selain itu, Persami biasanya dilaksanakan di sekolah, namun kali ini sedikit berbeda dihelat pada lokasi yang cukup jauh dari keramaian, sehingga mendapat perhatian khusus dari semua sekolah.

Tidak hanya itu, bukan hanya pada tingkat SMP yang menggelar kegiatan itu, bahkan sejumlah sekolah SD dan SMA ingin ikut berpartisipasi, tetapi karena keterbatasan maka Persami hanya dilaksanakan di tingkatan SMP.

"Mereka sangat antusias ingin ikut terlibat dalam beberapa kegiatan, sebab ini langsung bersentuhan dengan alam. Membentuk pribadi mandiri, kuat, dan tangguh sudah menjadi ciri khas gerakan Pramuka," katanya.

Selain berkemah, dalam acara Persami ini juga digelar out bound yang menguji jiwa keberanian para siswa.*

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024