Makassar (ANTARA) - Pemerintah mendorong budaya korporasi pekebun kakao untuk menjadikan komoditas andalan ekspor ini dapat menguasai pasar dunia.

Hal itu dikemukakan Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian Kasdy Subayono dalam keterangan persnya di Makassar, Selasa.

Pentingnya mendorong budaya korporasi pekebun kakao itu, lanjut dia, sehingga diangkat menjadi tema Peringatan Hari Kakao Indonesia pada 5 Oktober 2019 dengan tema "Coklatku, Budayaku, Indonesiaku" dan sub tema "Mendorong Budaya Korporasi Pekebun Kakao".

Puncak peringatan Hari Kakao Indonesia yang akan dihadiri Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ini akan digelar di Kampus Universitas Muhammad Yamin, Solok, Sumatera Barat.

Masing-masing provinsi penghasil kakao akan hadir diwakili dari dinas yang menangani perkebunan. Selain itu, juga para mitra yang bergerak di bidang perkakaoan, termasuk para petani kakao yang menjadi produsen di lapangan.

Peringatan Hari Kakao Indonesia ini juga menjadi bagian dari persiapan menghadapi Konfrensi Internasional Kakao "The 7th Indonesia International Cocoa Confrence and Dinner 2019" di Nusa Dua, Bali pada 14 - 15 November 2019.

Pertemuan tersebut dirancang agar para peserta dapat berbagi informasi, pengalaman dan menemukan ide baru untuk inovasi pengembangan kakao ke depan.

Semua itu bertujuan untuk menjaga keberlangsungan tanaman kakao dunia, termasuk dalam upaya meningkatkan kualitasnya dalam memenuhi kebutuhan pasar dunia.

 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024