Makassar (ANTARA News) - Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Sulawesi Selatan bekerja sama dengan PT Bumiputera mengasuransikan atlet, pelatih dan wakil pusat pembinaan atlet daerah (PPAD).

Kepala Dispora Sulsel Andi Ilham Gazaling di Makassar, Sabtu, mengatakan, jumlah atlet yang diasuransikan mencapai 91 orang, 14 orang pelatih atau dua pelatih dari tujuh cabang olah raga dan 15 perwakilan PPAD.

"Seluruhnya diasuransikan selama satu tahun. Jadi mereka tidak perlu khawatir lagi akan biaya pemeliharaan kesehatannya," ujarnya.

Menurut Ilham, kerja sama jaminan asuransi kesehatan ini akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Pada penandatangan kesepakatan kerja sama asuransi tersebut, ditandatangani pula kesepakatan kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel untuk membina 1.000 wirausahawan muda baru.

Penciptaan 1.000 wirausahawan muda ini akan dilakukan secara bertahap mulai dari tahap penyaringan, perekrutan dan pembinaan yang dikerjasamakan dengan Kadin.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dengan menggalakkan semangat olah raga di daerah akan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

"Negara akan hancur jika tidak mengurus generasi mudanya dengan baik," ujarnya yang mengharapkan Dispora yang baru terbentuk di Sulsel ini mampu membangun karakter pemuda dengan baik. 

Sebelumnya, Dispora pernah mengungkapkan rencananya bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia untuk pelaksanaan program pengembangan kewirausahaan pemuda di Sulsel tahun 2010.

Pemberian bantuan modal bagi kelompok usaha produktif pemuda (KUPP) ini merupakan upaya pemerintah mengurangi jumlah pengangguran sekaligus menciptakan wirausaha baru menggunakan anggaran yang bersumber dari APBN sebesar Rp250 juta ditambah dukungan dari perbankan.

Ditargetkan 50 kelompok pemuda yang akan memperoleh bantuan modal KUPP dan diharapkan dalam waktu dua tahun, usaha yang dirintis setiap kelompok pemuda sudah berjalan normal.
(T.KR-RY/R007)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024