Makassar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mengoperasikan sejumlah unit donor darah (UDD) untuk menyuplai kebutuhan darah masyarakat.

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan saat audiens bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Senin, menyampaikan bahwa pengurus PMI Sulsel telah membangun UDD terbaik yang rencananya akan diresmikan tahun ini.

"Salah satu pembahasan dengan bapak gubernur yakni mengundang dan meminta kesediaan beliau agar bisa hadir pada peresmian UDD PMI Sulsel yang kita rencanakan Desember mendatang," katanya

Adnan mengatakan, pengadaan UDD tersebut telah menjadi rencana awal ketua sebelumnya yakni Ichsan Yasin Limpo. Sebab kebutuhan darah khususnya di wilayah Sulsel cukup besar.

UDD PMI Sulsel itu berlokasi di Markas PMI Sulsel, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar.

"Bangunan fisiknya telah rampung, sisa menyelesaikan seluruh peralatan dan perlengkapan donor darah yang dibutuhkan," kata Adnan.

UDD yang ditargetkan menjadi UDD terbaik se Indonesia Timur ini akan disiapkan sekitar delapan tempat tidur, bank darah, dan kelengkapan lainnya dengan standar nasional yang dimiliki.

Keberadaan UDD diharapkan dapat mendorong terpenuhinya target kantong darah sebanyak 3.500 kantong setiap tahunnya atau sekitar 200 hingga 300 kantong darah setiap bulannya.

Pada kesempatan yang sama, Adnan tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Sulsel atas bantuan dana hibah sekira Rp4 miliar melalui APBD 2019.

Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyambut baik kehadiran pengurus PMI Sulsel. Termasuk rencana pembangunan UDD PMI Sulsel ini.

"Jika kita bicara pada urusan kemanusiaan itu harus didukung dengan sangat baik, apalagi ini untuk kepentingan kemanusiaan," terangnya.

Ia berharap agar program donor darah semakin ditingkatkan. Bersamaan dengan itu, ia meminta kebijakan tersebut menjadi kawajiban seluruh instansi baik pemerintah maupun swasta saat menggelar kegiatan besar kelembagaan.

"Misalnya perayaan hari jadi dan lainnya agar melakukan donor darah. Tujuannya agar stok dan kebutuhan darah bisa terpenuhi dengan baik," tutupnya.
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024