Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Nigeria berminat mengimpor beras dari Sulawesi Selatan karena produksi beras negara tersebut  belum mencukupi kebutuhan masyarakatnya.

Turakin Bade Ambassador Embassy of Nigeria (Dubes) Ibrahim Mai Sule di Makassar, Kamis, melalui "courtessy call" kepada Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang mengatakan, kebutuhan beras masyarakat Nigeria cukup besar.

Menurutnya, selama ini kebutuhan beras di negara tersebut diimpor beras Thailand. Namun, Nigeria belum menyebutkan seberapa banyak kebutuhan beras yang ingin diimpor dari Sulsel.

Wakil Gubernur Sulsel  Agus Arifin Nu'mang mengaku siap mengekspor beras Sulsel ke Nigeria. Pemprov Sulsel akan memfasilitasi pengurusan izin ekspor ke Kementerian Pertanian karena ekspor beras membutuhkan regulasi khusus dari pemerintah pusat.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel menyebutkan persediaan beras Sulsel yang siap diekspor sebanyak 100 ribu ton.

Agus menambahkan, pemprov baru akan mengurus izin ekspor langsung ke Nigeria, setelah ada kesepakatan kerjasama ekspor beras.

Pada 2010 ditargetkan produksi beras kualitas ekspor Sulsel sebanyak 210 ribu ton. Jika permintaan ekspor melebihi persediaan, maka pemprov akan mengkoordinasikannya dengan Perum Bulog Sulselbar karena setiap tahun sisa beras tersimpan di gudang Bulog rata-rata mencapai lebih dari 100 ribu ton. (T.KR-RY/S016)

   

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024