Makassar (ANTARA News) - Perusahaan properti Ciputra memasarkan rumah murah di Makassar di atas lahan seluas 20 hektar.

Direktur Ciputra Bing Sugiarto Chandra di Makassar, Sabtu, mengatakan, proyek yang dinamai Citraland Garden dikembangkan berdasarkan permintaan konsumen di Makassar akan rumah yang terjangkau.

"Dari 800 unit rumah dengan kisaran harga mulai dari Rp400 juta - Rp600 juta dan telah terjual 98 unit pada penjualan yang dilakukan sebelum peluncuran malam ini," ujarnya di sela-sela peluncuran proyek perumahan ini.

Investasi perumahan senilai Rp100 miliar ini juga didasari dari kesuksesan pemasaran proyek perumahan pertamanya di Makassar yaitu Citraland Celebes.

"Dari sekitar 500 unit rumah dan rumah toko yang ada, telah terjual sekitar 50 persen jumlah ini di luar dari prediksi kita. Paling lambat serah terima kepemilikan akan dilakukan September tahun ini," ujarnya yang menambahkan nilai investasi proyek perumahan pertama ini Rp200 miliar.

Terkait rencana pengembangan properti komersial, ia mengatakan, akan melihat kondisi pasar terlebih dahulu. "Pengembangan properti komersial harus dipertimbangkan dengan matang karena nilai investasi yang dibutuhkan cukup besar," jelasnya.

Pihaknya memiliki harapan besar untuk mengembangkan properti komersial seperti mal, apartemen atau pusat perbelanjaan di Makassar.

"Kami perkirakan pasar Makassar untuk apartemen baru akan siap pada tiga tahun mendatang, itu baru diukur dari daya beli atau kondisi jalan yang mulai macet. Selain itu, kita membutuhkan analisa yang lebih mendalam, seberapa besar pasar yang ada," jelasnya.

Ia menambahkan, salah satu ukuran untuk berinvestasi di daerah, pihaknya selalu melihat jumlah perputaran uang yang ada di daerah tersebut. (T.KR-RY/F003)


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024