Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) melaksanakan gladi latihan operasi gabungan terpadu penanggulangan bencana 2019 di Dermaga Layang Mako Lantamnal VI, Makassar, Rabu.

Latihan dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian yang juga sebagai ketua Kelompok Penyelenggara Latihan (KPL).

Ia mengatakan gladi yang dilaksanakan ini adalah pemantapan dari latihan untuk pelaksanaan pada Rabu (27/11) dengan melibatkan unsur-unsur TNI dan Polri.

Para personel TNI melibatkan semua satuan dari matra berbeda yakni pasukan TNI AD, Paskhas TNI AU, Marinir TNI AL, Pasukan Korps Brimob Polda Sulsel, satgas kesehatan, satgas evakuasi, satgas SAR, satgas pengungsi serta instansi terkait lainnya.

"Dalam gladi ini akan dijelaskan tentang tugas dan fungsinya masing-masing bagian yang terlibat dalam hal kesiapan operasi baik
personel maupun material, yang kemudian dilanjutkan dengan embarkasi personel maupun material ke dalam KRI," katanya.

Setelah itu, lanjut Kolonel Victor, tim melaksanakan pertolongan lewat jalur laut dengan KRI di daerah yang terisolir kemudian selanjutnya dilaksanakan penyelamatan korban.

"Hari ini, semua personel maupun material akan dilaksanakan sehingga pada saat pelaksanaan akan berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan dengan tetap memperhatikan keselamatan personel dan material yang memadai," terangnya.

Sebelum pelaksanaan gladi, di tempat yang sama pula diadakan Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Gabungan Terpadu Penanggulangan Bencana TA 2019.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024