Mamuju (ANTARA) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Regional Provinsi Sulawesi Barat mengaku berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat Sulbar, maka dilakukan survei nasional akreditasi standar versi SNARS," kata Sekretaris Daerah Pemprov Sulbar Muhammad Idris DP di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, survei tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya meraih akreditasi rumah sakit umum untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

RSUD Sulbar merupakan fasilitas layanan kesehatan rujukan Provinsi, RSUD terus berkomitmen dalam meningkatkan kapabilitas dan mutu pelayanannya kepada masyarakat yang sejalan dengan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

"Seperti tertuang dalam pasal 29 b bahwa rumah sakit wajib memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi dan efektif serta mengutamakan pasien sesuai standar pelayanan rumah sakit," katanya.

Ia mengatakan, sertifikasi akreditasi rumah sakit merupakan salah satu indikator mutu layanan terstandar dan berkualitas secara terus menerus. "Rumah sakit berupaya memenuhi standar yang telah ditetapkan dan mempertahankan kepatuhan dalam memenuhi standar tersebut," katanya.

Ia menyampaikan, pelaksanaan akreditasi tersebut memiliki banyak manfaat yaitu, peningkatan pelayanan, administrasi dan perencanaan, koordinasi asuhan pasien, koordinasi pelayanan, koordinasi antar staf, meminimalisasi resiko pelayanan, perencanaan dan penanggulangan alat yang tepat, penggunaan sumberdaya yang lebih efisien, penurunan keluhan pasien dan staf, peningkatan kesadaran pegawai akan tanggung jawabnya serta peningkatan kerjasama dari semua bagian organisasi.

"Pemerintah Provinsi Sulbar bersama-sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah senantiasa berupaya untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan akreditasi demi peningkatan mutu pelayanan pada masyarakat dalam mencapai tujuan percepatan pembangunan kesehatan," ujarnya.

Dengan dilaksanakannya survei verifikasi akreditasi diharapkan para surveior dapat memberikan nasukan-masukan positif untuk pembangunan rumah sakit yang lebih dari sisi mutu pelayanan medis, non medis dan administrasi sehingga rumah sakit tersebut dapat terus melakukan peningkatan kinerja secara berkesinambungan sehingga terwujud pelayanan yang terstandar dan berkualitas.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024