Malili (ANTARA) - Kabupaten Luwu Timur meraih tiga penghargaan pada lomba desa/ kelurahan tingkat  Sulawesi Selatan yaitu Desa Sorowako sebagai Juara I Lomba Desa,  Kelurahan Magani sebagai Juara II Lomba Kelurahan dan Juara I hasil lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) atas nama Sarno yang  menciptakan inovasi Patikprot (Alat Pangkas, Petik dan Semprot)

Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah disaksikan sejumlah kepala daerah se – Sulsel dan unsur Forkopimda  pada Ajang Lomba Desa dan Kelurahan, Lomba Teknologi Tepat Guna, Bumdes Bereprestasi dan Posyandu Berprestasi Tingkat Sulsel tahun 2019 di Hotel Four Point by Sheraton, Makassar, Rabu (11/12/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulsel H Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan pengumuman lomba ini ditetapkan setelah sebelumnya dilaksanakan penilaian lomba tingkat provinsi berlangsung pada 04 April hingga 10 Juli lalu yang diikuti 14 kabupaten/kota, pesertanya terdiri dari 11 desa dan 5 kelurahan.

"Penilaiannya dilakukan dengan mengacu kepada data perkembangan dua tahun terakhir serta hasil klarifikasi lapangan yang dilakukan di Desa dan Kelurahan yang menjadi wakil dari masing-masing Kabupaten," kata H Ashari Fakhsirie Radjamilo.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, mengucapkan selamat kepada pemenang Lomba Desa/Kelurahan serta pemenang lomba yang telah meraih penghargaan, dan berharap prestasinya tetap dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk motivasi agar prestasinya tetap dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Apalagi desa dan kelurahan ini merupakan motor pendorong perekonomian," ujar Gubernur.

Bupati Luwu Timur HM Thoriq Husler yang mendampingi saat penyerahan penghargaan, mengaku bangga atas keberhasilan Desa Sorowako dan Kelurahan Magani membawa nama baik Luwu Timur di tingkat Provinsi.

"Keberhasilan menjadi juara I dan II dapat dijadikan pemacu dan motivasi untuk bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan," ujar Bupati.

Desa Sorowako atas prestasinya tersebut berhak mendapatkan Piala Bergilir Gubernur, dan Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, piala tetap, piagam penghargaan, dan dana stimulan pembangunan sebesar Rp 1 Miliar.

Sedangkan Lurah Magani Ishak Nyonri mendapatkan Piala tetap, piagam penghargaan dan dana pembangunan sebesar Rp750 Juta dan Sarno yang merupakan utusan Kabupaten Luwu Timur yang mendapat penghargaan serupa, Ia berhasil menjadi Juara I hasil lomba TTG atas prestasinya menciptakan inovasi Patikprot (Alat Pangkas, Petik dan Semprot.

Secara khusus, Gubernur juga menyerahkan Piagam penghargaan kepada Bupati Luwu Timur HM Thoriq Husler sebagai kepala daerah yang melakukan pembinaan terhadap motivator TTG dalam rangka pengembangan dan penerapan TTG.

Turut hadir mendampingi Bupati pada acara penyerahan penghargaan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Halsen, Plt Kepala Bapelitbangda Luti H Budiman dan Camat Nuha Masdin.

Pewarta : Julius
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024