Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan menyebutkan kondisi perkebunan di wilayahnya  masih aman dari ancaman cuaca ekstrem.

Kepala Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan Andi Parenrengi di Makassar, Selasa, mengatakan sejauh ini belum menerima laporan dari kabupaten/kota terhadap dampak cuaca buruk yang terjadi belakangan ini.

"Iya, kami belum menerima laporan perkebunan petani rusak akibat cuaca buruk. Kita tentu berharap tetap seperti itu sehingga petani tetap bisa memetik hasil kebun," ujar dia.

Ia menjelaskan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait di seluruh daerah untuk melaporkan kondisi pertanian di wilayahnya.

Sekaligus menyiapkan antisipasi jika ternyata memberikan dampak besar bagi hasil pertanian.

Terkait laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba yang menyebutkan jika area perkebunan cengkeh berdampak angin kencang pada 5 Januari 2020, ia mengaku belum menerima laporan dari dinas terkait.

"Belum ada masuk laporan. Kami tentunya berharap cuaca ekstrem tidak memberikan dampak besar bagi perkebunan Sulsel," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024