Makassar (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN menyalurkan bantuan sambungan listrik dan ayam ternak bagi kaum dhuafa di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, dalam rangka Program Pemberdayaan Ekonomi dan Sosial Kemanusiaan senilai Rp185,46 juta lebih.

"Seluruh bantuan ini berasal dari dana zakat 2,5 persen dari seluruh pegawai muslim PLN yang dipungut setiap bulannya dan dikelola secara langsung oleh YBM PLN," ungkap Senior Manager SDM & Umum PLN UIW Sulselrabar Mundhakir usai menyerahkan bantuan itu di Jeneponto, Kamis.

Bantuan ternak ayam dhuafa senilai Rp138,5 juta dan bantuan listrik dhuafa untuk 85 KK warga Bantaeng dan Jeneponto senilai Rp46,96 juta lebih.

Mudhakir menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Kepala Desa Kassi Kecamatan Rumbia, Murniati yang disaksikan oleh Bupati Jeneponto Drs Iksan Iskandar.

Mundhakir mengungkapkan bantuan listrik di Desa Kassi akan berdampak positif dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Ia berharap masyarakat tidak segan membantu PLN untuk menjaga suplai listrik agar tidak mengalami gangguan.

“Kami mohon kepada masyarakat untuk turut memelihara listrik, terutama jika ada pohon yang mendekati jaringan kiranya dapat merelakan pohonnya untuk dipotong. Karena jika tidak akan dapat menggangu kelangsungan pasokan listrik,” ungkap Mundhakir.

Saat ini cadangan daya pada Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan telah mengalami surplus sebesar 600 MW. Dengan surplus ini, Mundhakir berharap akan hadir investor baru yang bisa membangun Kabupaten Jeneponto.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Jeneponto Drs Iksan Iskandar mengatakan, pihaknya siap melakukan pemangkasan pohon yang bisa mengganggu pasokan listrik di masyarakat.

"Untuk PLN, kami sebagai wakil dari masyarakat sangat siap membantu terkait pemangkasan pohon yang mengganggu kabel listrik," ujar Iksan.

Bantuan PLN ini disambut antusias oleh warga, salah satunya Baharuddin. Ia mengaku bersyukur menerima bantuan listrik sekaligus kWh meter 900 Va secara gratis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan ini. Semoga dengan adanya listrik ini, bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga saya," ungkap Bahar sapaannya.


Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024