Badung (ANTARA) - SMK Pariwisata Dalung, Kabupaten Badung, Bali, menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS dengan proses pemungutan suara seperti prosedur Pemilu sebagai salah satu upaya untuk memberikan pendidikan demokrasi secara langsung kepada para siswanya.

"Bekerjasama dengan KPU Badung, kami ingin mengajarkan para siswa sistem demokrasi dan bagaimana menggunakan hak suara dengan baik," ujar Kepala Sekolah SMK Pariwisata Dalung, Ni Putu Trisnawati, di Mangupura, Selasa.

Pada kesempatan itu, sebanyak 760 siswa menyalurkan hak suaranya untuk memilik empat pasang paket yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara OSIS dalam proses pemilihan yang disusun seperti proses pelaksanaan Pemilu.

Tidak hanya melakukan pencoblosan dengan kartu suara serta bilik suara dan kotak suara milik KPU Badung. Para Calon Ketua OSIS di sekolah itu juga harus melewati program kampanye dan verifikasi bakal calon.

Ni Putu Trisnawati menjelaskan, proses pelaksanaan pemilihan telah berlangsung sejak bulan Oktober 2019 lalu. Para bakal calon harus melewati proses verifikasi dengan melihat absensi, data di BK, administrasi dan berbagai aspek lainnya.

"Mereka juga melakukan perkenalan di masing-masing kelas yang dilakukan oleh para tim sukses serta mengkampanyekan diri dalam kegiatan kampanye umum," katanya.

Melalui kegiatan itu, ia juga berharap dapat membentuk para siswa memiliki karakter yang baik serta rasa nasionalisme yang diwujudkan dengan proses pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Ini juga sebagai proses edukasi bagi sebagian siswa kami yang akan menjadi pemilih pemula pada Pilkada serentak tahun ini," ujar Ni Putu Trisnawati.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dalam bentuk MoU dengan tiga sekolah terkait Kerjasama Rumah Baca Pemilu yaitu dengan SMK Pariwisata Dalung, SMK PGRI 2 Badung dan SLB 1 Badung.

Selain itu, terkait kerja sama pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS, KPU Badung juga telah membuka ruang kerja sama dengan beberapa sekolah yang ingin meminjam fasilitas kotak, bilik suara.

"Seperti SMK Pariwisata Dalung ini yang telah membuka ruang kerjasama dengan kami baik dalam hal sosialisasi Pemilu ataupun pola kerjasama lainnya," katanya.

Ia menambahkan, saat ini KPU Badung juga melaksanakan proses tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2020.

"Tentu kami memiliki harapan besar dalam Pemilihan OSIS ini agar dapat menjadi suatu wahana edukasi untuk mengetahui bahwa pemimpin bukan hanya menjadi sesuatu yang keren, namun menjadi pemimpin itu adalah untuk melayani," ujar Wayan Semara Cipta.

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024