Gowa (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Gowa Abd Rauf Malaganni Kr Kio menyempatkan waktu untuk meninjau pelaksanaan tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berlangsung Sabtu sejak pagi hingga soredan menyemangati peserta.

"Pesan saya percaya diri, terus berusaha dan berdoa. Jangan percaya oknum-oknum dan tetap semangat berjuang," ujar dia di Gowa, Sabtu.

Pemantauan yang dilakukan wakil bupati didampingi langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Basir.

Abd Rauf di tengah-tengah para peserta tes CPNS memberikan motivasi kepada para peserta yang sedang mengikuti tes CPNS agar dapat menjawab soal-soal dengan baik dan benar.

"Bagi peserta yang sementara mengikuti tes, harus lebih konsentrasi dan serius dalam menjawab setiap soal yang ada dan bagi yang belum tes sebaiknya mempersiapkan diri secara matang dengan melakukan pra tes. Paling tidak kita sudah ada pengetahuan dasar berkaitan dengan soal-soal yang akan kita hadapi, meskipun itu soalnya berbeda tidak ada masalah, yang penting kita sudah banyak referensi dan pemahaman yang kita dapatkan," terangnya.

Tes yang diikuti sebanyak 5.495 peserta ini berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 1 Februari hingga 4 Februari 2020g yang dibagi dalam lima sesi berlangsung di Baruga Krg Galesong, Kantor Bupati Gowa.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gowa, Muh Basir menyebutkan, para peserta CPNS tahun ini akan mengikuti tes sistem Computer Asisted Test (CAT) selama 90 menit.

"Tes yang dilakukan terbagi atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)," ujarnya.

Tidak hanya itu, untuk lolos ke tahapan berikutnya, peserta seleksi harus lolos atau ambang batas (passing grade) Standar Kompetensi Dasar (SKD) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) TIU 80, TWK 65 dan TKP 126.

"Untuk peserta disabilitas skor TIU cukup 70 sisanya skornya sama, untuk peserta dokter spesialis, dokter spesial gigi, dokter gigi, dokter pendidik klinis dan instruktur penerbang nilai TIU nya 80, sementara untuk peserta cumlaud/diaspora nilai TIU-nya harus mencapai 85," lanjut Kepala BKPSM Gowa.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024