Makassar (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Provinsi Sulawesi Selatan optimistis jumlah investasi di daerah itu akan lebih meningkat pada tahun ini.

Kepala DPMTP Sulsel AM Yamin di Makassar, Sabtu, mengatakan total realisasi investasi di Sulsel pada tahun 2019 mencapai Rp10,2 triliun atau lebih tinggi sekitar 78,41 persen dari target investasi pada 2019 sebesar Rp13,02 triliun.

"Kami belum menetapkan target investasi pada tahun ini. Namun demikian kami optimistis bisa lebih tinggi dibandingkan tahun kemarin," katanya.

Salah satu hal yang membuat pihaknya cukup bergairah menatap potensi investasi di daerah yang dipimpin Gubernur Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman itu karena dukungan pemerintah pusat.

Termasuk pula komitmen Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam memberikan kemudahan izin bagi perusahaan yang ingin menanamkan modalnya di daerah itu.

"Dukungan pemerintah pusat termasuk para menteri bagi Sulsel sejauh ini begitu baik. Itu pula mengapa kita semakin percaya diri pada tahun ini," kata Yamin.

Ia menjelaskan, Pemprov Sulsel tetap akan mengandalkan tiga sektor usaha dengan niiai realisasi terbesar pada 2019 untuk PMDN dan PMA di antaranya, sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran sebesar Rp 1,47 triliun, sektor pertambangan Rp 1,38 triliun, sektor listrik, gas dan air sebesar Rp 539 miliar, sektor lainnya sebesar Rp1,08 triliun. 


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024