Mamuju (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfopers) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) didaulat menjadi Koordinator Regional III Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi).

Kepala Diskominfopers Provinsi Sulbar Safaruddin DM di Mamuju, Senin, mengatakan, pengangkatan dirinya menjadi koordinator wilayah Regional III Askompsi mencakup wilayah Sulawesi, Gorontalo, Bali, Maluku dan Papua pada saat Rapat Kerja Askompsi di Banjarmasin.

Kadiskominfopers Provinsi Sulbar, menyatakan kesiapannya diberikan tanggung jawab tersebut.

Ia menyampaikan, kondisi Republik ini, gerbangnya melalui Kominfo sehingga harus dibangun kesepahaman internal Askompsi, agar persoalan-persoalan internal bisa terselesaikan, termasuk masalah sumber daya manusia (SDM).

"Utamanya menyangkut tenaga Information Teknologi (IT) dan dari segi pemenuhan infrastruktur, harus didukung pemerintah pusat agar dapat dibangun, program dan kegiatan pusat yang disalurkan ke daerah, perlu dikoordinasikan ke Diskominfopers Sulbar agar dapat dilakukan pengawasan," ujarnya.

Askompsi memiliki tugas untuk menyinergikan dengan pemerintah pusat utamanya dalam hal pembangunan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di daerah.

"Kontribusi pemerintah pusat untuk memperbaiki dan mempercepat akses pelayanan pemerintahan sangat besar dalam hal infrastruktur, sehingga butuh sinergi melaksanakan pembangunan dan dukungan dana pemerintah pusat karena kominfo kunci maksimalnya pelayanan pembangunan," kata Safar.

Direktur Eksekutif Askompsi, Edi Santoso, mengatakan, Askompsi memang lahir tujuannya agar ada sinergi antara pusat dan daerah, karena yang terjadi selama ini sama-sama bekerja bukan bekerja sama.

"Makanya Askompsi berinisiatif melaksanakan raker ini sebelum Musrem mulai dari tingkat kabupaten hingga pusat dilaksanakan sehingga Asosiasi tersebut bisa mendukung program prioritas nasional," katanya.

Direktur Eksekutif Askompsi, Edi Santoso mengatakan, Safaruddin adalah sosok yang tepat mengoordinir Asosiasi Diskominfo tersebut untuk wilayah Regional III.

"Safaruddin, sangat aktif sehingga cocok dan pantas menjadi koordinator, saya percaya beliau mampu mewaki pengurus Askompsi pusat, di regional III," ujar Edi.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024