Makassar (ANTARA) - Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit TNI AL Jala Ammari Lantamal VI Lekol Laut (K) dr Budi Santosa, Sp.P memberikan penyuluhan kesehatan tentang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pencegahan penularan Covid-19 atau virus corona kepada masyarakat di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Pada penyuluhan antisipasi Covid -19 di hadapan sekitar 500 warga Kabupaten Natuna, Budi mengingatkan agar warga mewaspadai jika mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek.

Namun beberapa hari setelah gejala itu, lanjut dia, orang yang terserang infeksi Covid-19 bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Lebih lanjut Letkol Budi menyampaikan beberapa langkah yang sangat sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi Covid-19 salah satunya adalah mencuci tangan teratur dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik.

"Namun yang utama adalah tetap menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi," katanya.

Letkol Laut (K) Budi Santosa selaku Kepala RS TNI AL Jala Ammari Lantamal VI tergabung dalam Tim Bhakti Sosial Kesehatan Koarmada I dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmada I Kolonel Laut (K) Dr Gigih Imanta Jayantri, Sp.Pd.

Bakti Sosial Kesehatan Koarmada I tersebut dikunjungi oleh Panglima TNI, Kapolri, Menteri Kesehatan, Komisi IX DPR, Pangkogabwilhan I, Pangkoarmada I, nguspurla Koarmada I dan Danlantamal IV  

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024