Mamuju (ANTARA) - KPU Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai membuka seleksi calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan untuk Pilkada 2020.

"Kami akan merekrut sekitar 303 calon anggota PPS karena di Kabupaten Mamuju terdapat sekitar 101 desa dan kelurahan," kata Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM KPU Mamuju Ahmad Amran Nur di Mamuju, Senin.

Anggota PPS yang direkrut tersebut nantinya akan ditempatkan masing masing tiga orang di setiap desa/kelurahan di Kabupaten Mamuju.

Menurut dia, selain merekrut anggota PPS, juga akan direkrut 303 orang cadangan anggota PPS yang juga akan dipersiapkan tiga orang di setiap desa/kelurahan.

Amran mengatakan bahwa penerimaan calon anggota PPS ini akan dilaksanakan seperti pada saat penerimaan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan.

"Setiap calon anggota PPS yang diseleksi akan diutamakan yang memiliki kualitas dan integritas yang baik serta melalui persyaratan yang ada," katanya.

Ia menjelaskan bahwa seleksi calon anggota PPS untuk Pilkada Mamuju memiliki tahapan, di antaranya penelitian berkas administrasi, tes tertulis, dan wawancara.

"Seleksi sama juga akan menerima tanggapan atau masukan dari masyarakat," ujarnya.

Seleksi PPS, akan mulai diumumkan pada tanggal 15 sampai 17 Februari 2020.

Masa penerimaan pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 24 Februari 2020.

Pewarta : M. Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024