Makassar (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan menggalang donasi untuk membantu biaya pengobatan dari bocah perempuan, Melly (14) yang menderita penyakit jantung.

"Seorang bocah perempuan saat ini sedang terbaring karena menderita penyakit jantung dan kami ingin mengurangi beban keluarganya," ujar Marketing Komunikasi ACT Sulsel Mustafa Mathar di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan Melly yang sudah sejak lahir menderita kelainan jantung itu hanya dirawat seadanya di kampung halamannya dengan biaya seadanya dari orang tuanya.

Mustafa menyatakan ACT Sulsel yang mengetahui kondisi ekonomi keluarga dari Melly berusaha memberikan bantuan maksimal dengan menggalang dana dari para dermawan.

Menurut dia, bantuan donasi dari para dermawan akan diserahkan kepada keluarga Melly untuk membantu membiayai pengobatannya di rumah sakit.

Bahkan kondisi keuangan dari orangtuanya yang hanya bekerja sebagai tenaga honorer di PDAM Wajo serta ibunya sebagai ibu rumah tangga tidak maksimal dalam membantu pengobatan anaknya tersebut.

"Kami hadir untuk memberikan manfaat kepada masyarakat bukan hanya di Indonesia melainkan dibelahan penjuru dunia juga kami hadir. Bagi para dermawan yang ingin menyalurkan bantuannya membantu adik Melly bisa mendonasikannya," katanya.

Sementara itu anggota Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Wajo Firman menyatakan kondisi kesehatan yang menurun dan tidak menunjukkan tanda-tanda membaiknya kondisi dari Melly membuat MRI dan ACT untuk berupaya membantu semaksimal mungkin.

Bahkan rumah sakit terbaik di Sulawesi Selatan Dr Wahidin Sudirohusodo yang sempat merawatnya juga merujuknya ke RS Jantung di Jakarta.

Namun pihak keluarga menolak untuk merujuknya ke Jakarta dengan berbagai pertimbangan alasan yang salah satunya adalah pembiayaan.

Salah satu upaya yang dilakukannya adalah memberikan pendampingan untuk diberikan penilaian (assesment) menerima bantuan jaminan kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau BPJS Kesehatan.

"Kami sudah memberikan pendampingan untuk assessment BPJS Kesehatan. Teman-teman di ACT juga sedang membantu mengumpulkan donasi untuk adik Melly demi mengurangi beban keluarganya," ucapnya.

Mustafa menambahkan, setiap orang atau warga bisa ikut ambil bagian dalam program tersebut dengan mengikuti beberapa tata caranya.

Untuk bantuan donasi bisa langsung masuk melalui https://bit.ly/donasikemanusiaan atau langsung konfirmasi ke Erlangga dengan nomor telepon 0853 4166 2027
serta Firman 0813 4213 5355.


 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024