Mamuju (ANTARA) - Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar meminta agar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Provinsi Sulbar memperhatikan orang miskin agar diberikan kemudahan menjadi peserta BPJS.

Gubernur Sulbar menghadiri peresmian gedung kantor Cabang BPJamsostek  Provinsi Sulbar di Mamuju, Jumat.

Gubernur mengatakan pemerintah Sulbar telah melakukan proses hibah lahan untuk pembangunan BPJS Sulbar, sehingga BPJS Sulbar juga mesti memperhatikan orang miskin di Sulbar dalam kepesertaan BPJS.

"Bantu masyarakat miskin yang tidak punya kerja, pengangguran, agar dicarikan pekerjaan, dan diikutkan dalam kepesertaan BPJS," ucapnya.

Gubernur mengungkapkan, jaminanan sosial, khususnya masyarakat pekerja sangat penting guna mengantisipasi resiko kecelakaan dan mencegah kemiskinan.

Ia berharap, BPJamsostek  meningkatkan pelayanan, bagi masyarakat dan tidak hanya mengejar untung.

Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto mengatakan, BPJS Sulbar berjanji tidak hanya akan mencari keuntungan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

"Biaya yang dipungut dari masyarakat akan kembali kemasyarakat untuk dimanfaatkan seperti jaminan hari tua, meninggal dunia, beasiswa anak bagi pekerja yang meninggal, dan beberapa program lainnya," jelas dia.

Ia mengatakan, sesuai peraturan pemerintah Nomor 82 tentang iuran BPJS akan tetap, dikembalikan kepada masyarakat, dan BPJS tidak hanya mencari untung.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024