Makassar (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan bantuan pangan bagi korban gempa dengan kekuatan 4.9 magnitude di Sukabumi Jawa Barat, Kamis.

Wilayah Sukabumi diguncang gempa pada pukul 17.18 WIB, Selasa (10/03) yang mengakibatkan ratusan warga harus mengungsi di tenda-tenda darurat pengungsian dan sekitar 400 bangunan terdiri dari fasilitas umum atau milik pribadi rusak parah.

"Hingga tadi malam (11/03), tim ACT-MRI Sukabumi dan wilayah sekitar seperti Lebak turun ke wilayah-wilayah terdampak untuk melakukan pantauan dan aksi penyelamatan jika diperlukan," ujar Kepala Cabang ACT Sulsel, Faizal Agunisman.

Menurut laporan @dmiiofficial, gempa yang tidak berpotensi tsunami ini menyebabkan tiga orang mengalami luka-luka, sekitar 230 orang mengungsi, dan mengakibatkan lebih dari 100 bangunan rusak.

Gempa yang mengguncang Sukabumi pada sore hari itu bahkan getarannya bisa dirasakan oleh sebagian warga ibukota, Jakarta.

"Maka dari itu mari kita semua sama-sama peduli dengan mengirimkan bantuan terbaik kita untuk ratusan warga terdampak, termasuk warga Sulawesi Selatan," katanya.

Berdasarkan laporan relawan ACT di lapangan, kebutuhan mendesak bagi korban gempa di Sukabumi saat ini seperti alat tidur/selimut, pampers/pembalut, air mineral, makanan siap saji, obat-obatan, peralatan personal hygine dan susu bayi.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024