Makassar (ANTARA) - Makassar Bike Festival (MB Fest) 2020 sebagai even sepeda perdana di Indonesia timur dihadiri 1.023 pengunjung dengan menggunakan sepeda pada pembukaan MB Fest di Benteng Roterdam Makassar, Sabtu.

Kegiatan yang digelar selama dua hari 14-15 Maretitu menampilkan berbagai jenis sepeda kekinian dari 19 komunitas pecinta sepeda di Sulawesi Selatan.

"Kita ada 19 komunitas dari semua jenis sepeda yang ikut even ini tanpa melihat apa jenis, karakter dan seberapa mahal sepedanya," ujar Managing Director RJK Event, Faizal TN selaku penanggungjawab kegiatan.

Ical sapaan Faizal TN menyampaikan dari ribuan pengunjung yang datang, bukan hanya dari Makassar maupun Sulsel, tetapi banyak di antara mereka merupakan pesepesa dari Pulau Jawa. Seperti Semarang, Bandung hingga Jakarta.

Hal ini ditengarai Makassar baru pertama kali menggelar even seperti ini, berbeda dengan di pulau Jawa, Bali dan Jakarta yang sudah kerap menggelar even serupa.

Saat ini, kata Ical, Makassar lagi happening sepeda lipat oleh karena itu momen tersebut dijadikan acuan membuat even bagi pecinta sepeda untuk membudayakan bersepeda.

Sehingga tampak berbagai mode sepeda lipat dijejer di setiap stand komunitas. Salah satunya sepeda brompton asal Inggris yang hanya ada satu unit di dunia seharga Rp310 juta, turut memeriahkan MB Fest 2020.

"Memang kita harapkan budaya bersepeda orang Makassar itu tidak hilang. Makanya kita membuat even ini supaya minat hidup sehat lewat bersepeda bisa menularkan ke masyarakat lainnya," ujar Ical menjelaskan.

Khususnya, sambung dia, untuk menyasar banyak milenial agar suka bersepeda sesuai tagline MB Fest 2020 "milenial cinta sepeda bersama membangun bangsa".

Adapun beberapa kegiatan pada MB Fest 2020 di antaranya Folding Bike Contest, Balance Bike, night ride dan morning ride.


Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024