Makassar (ANTARA News) - Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai membangung jalan lingkar Center Point of Indonesia (CPI) di kawasan Kota Mandiri Tanjung Bunga, Makassar.   

"Pembangunan jalan di CPI sudah dimulai dan dilaksanakan tetap sesuai dengan rancangan awal," kata Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarkim) Sulsel, Syarif Burhanuddin, di Makassar, Rabu. 

Jalan sepanjang 2,5 kilometer yang membentang dari Pantai Losari tembus samping Trans Studio akan dibangun dengan konstruksi paving blok selebar 20 meter dengan desain boulevard.

Dinas Tarkim selaku penanggungjawab pembangunan infrastruktur, mengelola anggaran sebesar Rp7 miliar pada APBD Sulsel 2010 khusus untuk membangun jalan di kawasan yang nantinya akan menjadi  losari baru.

Syarif mengatakan pembangunan jalan tersebut bertujuan menarik sekaligus membuka akses bagi investor untuk menanamkan modalnya di kawasan CPI. 

Selain itu, kata dia jalan tersebut nantinya akan menjadi kawasan wisata baru bagi masyarakat Sulsel, sekaligus sarana olahraga lari sambil menikmati matahari terbenam (sunset).

Dalam kawasan CPI, nantinya akan dibangun lapangan karebosi baru (new karebosi) dengan luas 16 hektar atau dua kali luas lapangan karebosi sekarang, wisma negara, Masjid Asmaul Husna, dan berbagai fasilitas yang modern.

Sebelumnya Ketua Komisi D DPRD Sulsel, Hery Suheri Attas mengkritik Dinas Tarkim karena dinilai lambat dalam menindaklanjuti pembangunan jalan lingkar yang terletak dipesisir tanah tumbuh Tanjung Bunga.

Menurut dia, lahan yang dilewati jalan yang ada dalam desain sudah dikapling masyarakat, sehingga Tarkim harus membebaskan kembali lahan tersebut.     

Komisi D kata dia tidak akan mentolerir pembangunan jalan yang melenceng dari konsep awal.
(T.pso-099/S005)
   


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024