Makassar (ANTARA News) - Karateka putra Faizal ZN dan peanggar putri Isnawati Sir Idar terpilih sebagai atlet terbaik Sulawesi Selatan periode 2008-2010 pilihan Seksi Wartawan Olah Raga (SIWO) PWI Cabang Sulsel.

Penetapan atlet terbaik tersebut diputuskan dalam rapat pemilihan atlet, pelatih, pembina dan KONI kabupaten/kota Sulsel oleh SIWO PWI di Makassar, Selasa.

Ketua SIWO PWI Sulsel Piet Hariadi Sanggelorang mengatakan, penetapan atlet, pelatih, dan pembina olah raga tersebut berdasarkan prestasi yang diraih selama periode 2008-2010.

Atlet terbaik yang terpilih adalah mereka yang memiliki prestasi selama periode 2008-2010 baik pada PON, Kejurnas, SEA Games, maupun kejuaraan tingkat nasional dan internasional lainnya.

Selain Faizal dan Isnawati, sejumlah atlet lainnya masuk nominasi terbaik antara lain di bagian putra, Haerullah HN (anggar) dan Robby Tanser (dansa). 

Sementara untuk putri Selvy Melowa (renang indah), dan Anita Tandy (dansa). Pelatih terbaik dr. Nukman Lahamang (karate), Anna Muin (renang indah) dan  Harry Yost (anggar).

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Syarifuddin May mengemukakan, pemilihan KONI kabupaten/kota terbaik merupakan yang pertama kali dilakukan SIWO PWI Sulteng.

Tujuannya adalah merangsang pembinaan atlet dan pembangunan sarana olah raga di setiap kabupaten dan kota untuk peningkatan prestasi atlet.

"Kita sengaja memilih KONI kabupaten/kota terbaik tahun ini guna merangsang pembangunan dan pembinaan olah raga di 24 kabupaten dan kota yang selama ini cenderung hanya terpusat di Kota Makassar," ujarnya.

Ia mengemukakan, pemilihan KONI terbaik dilakukan berdasarkan kriteria antara lain memiliki organisasi kepengurusan dan manajemen olah raga yang baik, memiliki sarana olah raga, melahirkan atlet berprestasi serta beberapa kriteria lainnya.

Sementara KONI kabupaten/kota yang masuk nominasi adalah Kota Makassar, Kota Palopo, Enrekang, Bantaeng, Bone dan Sinjai. (T.S016/R007)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024