Makassar (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berhasil menerangi lima dusun di Sulawesi Selatan dan Barat menjelang Ramadhan dan di tengah wabah virus corona baru atau COVID-19.

Salah satu dusun yang dimaksud ialah Dusun Kambunong, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat yang berhasil dioperasikan, Kamis.

Pengoperasian listrik di wilayah itu turut dihadiri Gubernur Sulawesi Barat H.M. Ali Baal Masdar, Kadis ESDM Sulawesi Barat, Ir. Amri Eka Sakti serta Manajer PLN UP2K Sulbar Dadang Wahyudi, Manajer PLN ULP Pasangkayu Arifuddin beserta jajarannya.

"Tugas mulia yang diemban petugas PLN tidaklah mudah, untuk menjangkau Dusun Kambunong yang terpencil tersebut petugas harus melewati jalanan terjal dan berbatu," ungkap Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Sulbar (UP2K), Dadang Wahyudi.

Kata dia, meski pandemi virus corona semakin darurat, hal itu tidak menyurutkan semangat petugas PLN untuk terus melistriki hingga ke pelosok.

Dadang berharap dengan tersambungnya listrik di dusun tersebut, diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi dan pendidikan masyarakat.

"Ditengah pandemi COVID-19, inilah yang bisa PLN berikan agar masyarakat bisa menikmati listrik. Semoga listrik ini dapat bermanfaat dan di dusun ini melahirkan pemimpin masa depan bangsa," kata Dadang.

PLN memasang 1 Gardu Distribusi dengan daya 160 kVA untuk 100 pelanggan. Tidak hanya itu PLN juga menarik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,78 kms dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 0,58 kms.

Basri selaku Kepala Dusun Kambunong menyampaikan rasa syukur atas listrik yang telah masuk ke dusun tersebut.

"Kami berbahagia karena di tengah keadaan seperti ini, listrik telah masuk ke dusun kami. Dengan adanya listrik, tentu akan sangat bermanfaat bagi kami saat Ramadhan," kata Basri

"Semoga petugas PLN selalu diberikan kesehatan agar dapat melistriki hingga ke pelosok negeri," tutupnya.

Selain Dusun Kambunong, adapun empat dusun yang telah teraliri listrik di masa pandemi COVID-19 terdiri dari tiga dusun di Sulawesi Selatan dan satu lainnya di Sulawesi Barat.

Tiga dusun di Sulsel yakni Dusun Manyaha, Desa Pasir Putih, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Dusun Bonto Manai dan Maroangin, Desa Bonto Katute, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai serra Dusun Gori Gori, Desa Bonto Katute, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai.

Sementara di wilayah Sulawesi Barat yakni Dusun Saluran, Desa Saludengen, Kecamatan Tompo dan Kabupaten Mamuju.

Dengan Total jumlah 226 pelanggan, PLN memasang 8 Gardu Distribusi dengan total daya 400 kVA. PLN juga menarik Jaringan dengan total JTM sepanjang 19,65 Kms, JTR sepanjang 17,27 kilometer.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024