Makassar (ANTARA) - Stok buah melon dan semangka membludak di sejumlah pasar tradisional di Makassar untuk memenuhi kebutuhan menu buka puasa pada bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah di tengah pandemi COVID-19.

Hal itu diakui salah seorang pedagang buah Hj Harlina di Pasar Terong, Makassar, Sabtu. Dia mengatakan, buah melon dan semangka banyak disuplai dari Kabupaten Takalar dan Gowa dan kebetulan masih musimnya, sehingga persediaan di tingkat pengecer cukup berlimpah.

"Satu buah melon atau semangka rata-rata dijual Rp10 ribu - Rp15 ribu tergantung ukurannya, namun kalau bukan musimnya bisa dijual hingga Rp25 ribu per buah," katanya.

Hal senada dikemukakan pedagang buah di Pasar Pannampu, Makassar Sitti Jumriati.

Menurut dia, buah melon, semangka dan pepaya adalah buah yang paling banyak diminati pembeli untuk menu buka puasa. Hal itu terbukti dengan meningkatkan pembelian buah dalam dua hari terakhir atau masa Ramadhan.

"Biasanya dalam sehari rata-rata hanya terjual 15 buah saja buah semangka atau melon, apalagi pada saat pandemi COVID-19 pembeli sangat sepi. Namun Alhamdulillah setelah masuk Ramadhan, pembeli kembali banyak," ujarnya.

Hal itu dibenarkan salah seorang pembeli di Pasar Pannampu, Makassar Nuraeni.

Dia mengatakan, untuk menjaga kondisi tubuh selama berpuasa perlu mendapat asupan buah-buahan dan buah yang banyak mengandung air seperti buah semangka dan melon menjadi pilihan utama.

"Selain karena harganya terjangkau, juga buahnya besar sehingga hasilnya juga banyak dan bisa jadi bahan campuran es buah untuk menu buka puasa keluarga ataupun dijual lagi," katanya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024