Makassar (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku (Sulama) menyerahkan 1.200 paket bantuan berisi kebutuhan pokok bagi pekerja terdampak COVID-19 di Sulawesi Selatan dalam rangka memperingati Hari Buruh pada 1 Mei 2020.

Penyerahan paket kebutuhan pokok itu secara simbolis diserahkan oleh Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku Toto Suharto bersama Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah kepada delapan perwakilan serikat pekerja/federasi buruh Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengapresiasi BPJAMSOSTEK yang dianggap memiliki kepedulian terhadap para buruh di serikat pekerja melalui sumbangan yang diberikan.

"Sebanyak 1.200 paket bantuan kita telah terima dan Dinas Tenaga Kerja langsung menyalurkan lewat organisasi serikat pekerja, saya kira ini sesuatu yang luar biasa dan patut kita hargai karena saat ini lagi susah, dan semua donasi kita terima," katanya.

Selain itu, Nurdin juga mengapresiasi cara teknis penyaluran bantuan yang dilakukan melalui serikat pekerja karena cara tersebut dinilai membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada orang yang berhak menerima, khususnya bagi pekerja terdampak COVID-19.

"Nah ini lebih cepat pendistribusiannya dibanding kita tampung, jadi cara ini memang cukup bagus," katanya.

Kegiatan penyerahan secara simbolis yang dilaksanakan ini tetap mengacu pada aturan PSBB yang ditetapkan pemerintah yaitu dengan meminimalisir jumlah peserta yang hadir dan menjaga jarak aman antar tamu undangan.

Sementara Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku Toto Suharto mengatakan peringatan Hari Buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei pada tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya.

Jika biasanya para buruh merayakannya dengan melakukan penyampaian aspirasi secara terbuka di ruang publik, kini akibat pandemi COVID-19 peringatan Hari Buruh dilakukan sesuai aturan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Paket ini diberikan sebagai salah satu bentuk dukungan BPJAMSOSTEK dalam meningkatkan kerjasama dengan stakeholder pekerja melalui Serikat Pekerja dan Serikat Buruh," kata Toto.

Adapun paket bantuan yang diberikan tersebut berisi beras 2 kilogram, gula pasir 1 kilogram, mie instan 6 bungkus, kecap 1 botol dan margarin 1 bungkus.

Selain pemberian paket kebutuhan pokok di tempat yang sama pula dilakukan penyerahan santunan Jaminan Hari Tua (JHT) yang juga dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang dan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Makassar Dodit Isdiyono.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024