Makassar (ANTARA) - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tingkat I  Partai Golkar provinsi bersama DPD II kabupaten kota se Sulawesi Selatan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk penanganan wabah Viruscorona Disease (COVID-19) sebagai bentuk kepedulian kepada sesama secara serentak.

Penyerahan bantuan tersebut berupa hazmat, alat pelindung diri (APD), masker, di sejumlah puskesmas dan rumah sakit, pembagian sembako bagi masyarakat terdampak, Wastafel, serta penyemprotan cairan disinfektan.

Kegiatan tersebut bertajuk Golkar Peduli yang disiarkan langsung melalui jaringan video virtual disaksikan ketua DPD I Golkar Sulsel Nurdin Halid.

Nurdin mengatakan kegiatan seperti ini bukan langkah awal yang dilakukan oleh Partai Golkar, tetapi sebuah gerakan kepedulian partai melawan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona yang dampaknya hampir di seluruh daerah di Indonesia.

"Kita mesti bersatu melawan virus corona ini, dan tidak boleh ada perbedaan. Mari kita hilangkan dulu urusan politik. Kesehatan sesungguhnya lebih penting dari kepentingan politik," kata dia yang juga Ketua Dewan Koperasi Indonesia itu, Sabtu malam.

Ia pun menginstruksikan kepada seluruh anggota fraksi Golkar di DPRD provinsi, kabupaten kota untuk turut mengambil bagian memerangi COVID-19 di daerahnya.

"Saya sangat berharap seluruh pengurus maupun anggota fraksi DPRD di daerah ikut bersama-sama membantu mereka masyarakat yang kesusahan akibat dampak virus ini," tambahnya.

Bantuan yang disalurkan pada gerakan Golkar Peduli tersebut sebanyak 40 ribu paket sembako, 25 ribu Alat Pelindung Diri. Rencananya, selama Ramadhan telah dicanangkan penyaluran paket sembako kepada masyarakat yang terdampak.

Ketua Tim Gugus Golkar Peduli Arfandi Idris menambahkan, kegiatan tersebut mendapat dukungan dan apresiasi para ketua DPD Golkar se kabupaten kota dan ikut turun di tengah-tengah masyarakat untuk membantu.

Sedangkan bantuan APD dan Hamzat disalurkan ke beberapa puskesmas dan rumah sakit. Pemberrian 50 pakaian Hamzat dilakukan Wakil Ketua DPD II Golkar Kota Makassar, Nur Haldin.

"Saya berada di Puskesmas Pattinggalloang dan menurut petugas di sini, banyak warga yang berdatangan untuk memeriksakan kondisinya. Makanya mereka membutuhkan APD untuk perlindungan diri ketika melayani pasien," ujar Haldin juga Wakil Ketua DPRD Sulsel itu.
  Ketua DPD I Golkar Sulsel HM Nurdin Halid (kanan) saat memantau penyaluran bantuan kemanusiaan COVID-19 bertajuk Golkar Peduli melalui video virtual kediamannya, jalan Mapala, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (9/5/2020). ANTARA/Darwin Fatir.
Di tempat terpisah, Wakil Ketua DPD I Golkar Sulsel, Andi Waris Halid juga turut menyalurkan bantuan sembako ke masyarakat di Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini. Beberapa warga mengatakan belum terima bantuan dari pemerintah.

"Di sini, sekitar 51 Kepala Keluarga di Ballaparang katanya belum dapat. penduduk disini kebanyakan tukang becak dan buruh harian. Untuk itu kami rasa bantuan ini sangat layak diberikan bagi mereka," katanya.

Ditempat lain, penyerahan bantuan juga dilaksanakan pengurus Golkar Kabupaten Maros dan Gowa. Seperti yang dilakukan Patarai Amir di Maros menyumbangkan APD kepada Kepala Dinas Kesehatan setempat untuk digunakan tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024