Makassar (ANTARA) - Anggota DPR Aliyah Mustika Ilham (AMI) membagikan 100 paket asupan gizi tambahan bagi ibu hamil untuk menjaga kondisi kesehatan ibunya serta bayi yang dikandungnya dalam situasi sulit di tengah pandemi COVID-19.

"Situasi sekarang memang sulit dan ada banyak orang yang di PHK. Banyak pekerja sektor informal terdampak, apalagi jika istrinya sedang hamil, ini akan mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya," ujar Aliyah Mustika Ilham di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan penyaluran bantuan paket ibu hamil ini disalurkan langsung olehnya dengan menggandeng Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sulsel. Penyaluran bantuan dilakukan di Puskesmas Sudiang, Kecamatan Biringkanaya.

Sebelum menyerahkan bantuan paket asupan tambahan, Aliyah Mustika Ilham menyampaikan apresiasi atas kinerja para tenaga medis dan kesehatan di Puskesmas, yang selalu siap sedia melayani masyarakat.

Aliyah menyatakan, di tengah pandemi COVID-19, berbagai kalangan merasakan dampaknya. Demikian pula dengan ibu- ibu hamil yang membutuhkan asupan gizi lebih banyak.

"Kita tahu bersama di masa pandemi COVID-19 ini banyak yang merasakan dampaknya. Ibu-ibu hamil juga merasakan dampaknya, asupan gizi berkurang. Di masa pandemi ini juga banyak ibu-ibu yang hamil," katanya.

Legislator Partai Demokrat ini juga mengingatkan kepada para ibu hamil agar senantiasa menerapkan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak agar terhindar dari penularan virus COVID-19 dan bisa melahirkan dengan selamat.

"Menjadi tugas kita bersama, untuk menjaga diri, lingkungan dan sekitar kita. Mari hargai para tenaga medis, mereka berjuang bukan hanya untuk menyelamatkan diri mereka dan keluarganya, tetapi juga berjuang demi kelangsungan hidup kita semua," terangnya.

Sementara itu, Ketua Harian Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sulsel, dr Aswan Usman menambahkan, dengan kolaborasi bersama Anggota DPR RI Komisi IX menjadi langkah strategis bagi PDUI Sulsel dalam upaya menjaga asupan gizi ibu hamil.

"Insya Allah program ini akan berkesinambungan. Kali ini kita berikan 100 paket di Puskesmas Sudiang yang datanya disesuaikan dengan data dari Puskesmas Sudiang," ujarnya.

Selain penyerahan biskuit ibu hamil diserahkan pula paket berupa gula pasir, terigu, kacang ijo, minyak goreng, serta masker.

"Selain program ini, dalam waktu dekat akan digelar pula program menggalakkan makan sayur, program ini menggandeng pedagang sayur keliling, sehingga selain mengajak ibu-ibu untuk gemar memasak sayur, juga diharapkan dapat membantu para pedagang sayur keliling," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024