Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju, Sulawesi Barat tidak akan pernah mempersulit masuknya investor untuk melakukan investasi di wilayah itu.

"Saya selaku kepala pemerintahan di Mamuju akan mempermudah minat investor untuk melakukan investasi di Mamuju, sepanjang muaranya untuk mensejahterakan rakyat," kata Bupati Kabupaten Mamuju, Suhardi Duka, saat menerima kungjungan rombongan PT. Top Niche Energi Indonesia, salah satu perusahaan dari negara China di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, dirinya orang paling bodoh apabila mempersulit masuknya investasi sepanjang para calon investor itu memang memiliki niat baik untuk membangun daerah, tetapi, apabila para calon pemodal itu tak memiliki niat baik maka dirinya pun orang paling tolol apabila menerima para investor tersebut.

"Kalau niat para investor tidak baik maka saya orang pertama akan menolak keinginan para investor," ungkapnya.

Suhardi Duka mengatakan, untuk membangun daerah ini lebih maju, maka keterlibatan pihak ketiga atau para investor sangat menentukan.

"Kami sebagai fasilitator pihak ketiga akan mendukung langkah keinginan para investor dalam rangka berkembangnya dunia investasi di Mamuju," jelasnya.

Ia mengatakan, selama ini yang menjadi hambatan masuknya investasi di daerah karena terkendala di tingkat pemerintahan di pusat karena para investor harus melewati liku-liku yang berbelit-belit untuk mengurus ijin di kementerian kehutanan tentang ijin pinjam pake kawasan hutan yang akan dikelola sebagai lokasi pertambangan.

"Makanya para investasi harus mencari jaringan di kemenhut untuk mempermudah keluarnya ijin pinjam pake kawasan hutan yang akan dikelola sebagai kawasan pertambangan. Karena pemerintah daerah tak memiliki kewenangan untuk mengeluarkan ijin seperti itu," paparnya.

Selama ini, kata dia, dirinya banyak bermimpi akan banyaknya masuk investor ke Mamuju, namun ia mengaku belum pernah merasakan seperti apa realisasi para pengusaha yang akan melakukan investasi di daerahnya.

"Saya berharap, pengusaha asing asal China ini seperti PT Top Niche Energi Indonesia mdapat mewujudkan mimpi indah itu untuk mendukung peningkatan pembangunan di daerah yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat," kuncinya. (T.KR-ACO/A020) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024