Makassar (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Sulawesi Selatan (Sulsel) Lies F Nurdin mengatakan pihaknya merancang metode pembelajaran untuk membangun pemahaman anak dalam pandemi COVID-19.

Lies F Nurdin di Makassar, Selasa, mengatakan perlu upaya untuk menanamkan pemahaman melalui media yang sederhana dan menyenangkan, serta mampu menstimulasi dan mengedukasi anak mengenai pandemi COVID-19.

"Kami berupaya menciptakan media pembelajaran yang sederhana, menyenangkan serta mudah dipahami untuk mengedukasi anak di masa pandemi ini," jelas Lies usai menggelar rapat bersama Tim Bunda PAUD Sulsel di Rujab Gubernur hari ini.

Lies bersama tim Bunda PAUD Sulsel membuat empat metode pembelajaran yang dinilai tepat bagi anak. Yakni melalui modul parenting, karya lagu, aktivitas edutainment melalui media televisi yang dapat melibatkan guru PAUD untuk menuntun anak melakukan aktivitas kreatif selama di rumah.

"Kita ingin anak-anak mengerti apa itu virus COVID, apa yang harus kita lakukan, untuk itu kami bersama tim Bunda PAUD Sulsel membuat modul parenting yang berguna di masa pandemi untuk orang tua, juga akan membuat cipta karya lagu anak, lewat lagu kita mensosialisasikan kebiasaan cuci tangan, pakai masker, jaga jarak kepada anak-anak," jelasnya.

Perempuan yang lebih dari 30 tahun aktif dalam dunia pendidikan ini mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu memberi stimulus yang positif kepada anak, membantu orang tua memberi pemahaman kepada anak, serta mengisi waktu luang anak selama di rumah dengan kegiatan kreatif.

"Anak-anak pasti bertanya kenapa mereka di rumah terus, ini kan harus dikasi pengertian, inilah kami mengedukasi melalui bacaan bergambar, lagu, serta aktivitas yang membantu motorik dan stimulus serta daya kreatif mereka selama di rumah," tutur Lies.

Kegiatan ini melibatkan Dinas Pendidikan serta Dinas Perpustakaan Daerah yang nantinya akan melibatkan seluruh Bunda PAUD se Sulsel.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024