Makassar (ANTARA) - Pembangunan Makassar New Port yang di lakukan oleh Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berbasis ligkungan dan kepedulian terhadap masyarakat, tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19.

Hal itu dikemukakan Senior Manager Fasilitas Pelabuhan PT Pelindo IV, Arwin di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan hingga masa pandemi pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga lingkungan di tengah pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Langkah itu di antaranya tidak pernah luput dari mitigasi terhadap lingkungan sekitarnya dan selalu berusaha memperkuat ekosistem laut dengan menggunakan material alam, sehingga sistem konstruksi menjadi habitat baru bagi ikan-ikan yang ada.

Termasuk telah membuat "causeway" yang juga berfungsi sebagai groin untuk mengurangi dampak sedimentasi Sungai Tallo serta membuat breakwater (pemecah ombak) untuk mengurangi dampak abrasi dan keselamatan pelayaran maupun nelayan saat musim ekstrim akibat gelombang.

“Kami juga memasang 'silt curtain' demi meminimalkan pencemaran, kekeruhan air laut saat konstruksi,” sebut Arwin.

Pihaknya juga senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah serta berinteraksi dengan masyarakat sekitar melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), peningkatan ekonomi rakyat dan lain sebagainya.

Terkait pemakaian material pasir laut, Arwin mengatakan bahwa kegiatan itu juga dilakukan sudah sesuai prosedur. Mulai dari kelayakan lingkungan, perizinan, CSR, hingga pengawasan dan lainnya mengikuti prinsip taat aturan.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah menetapkan bahwa proyek MNP tetap terus berjalan meski Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19 dan saat ini  MNP sudah memasuki tahap lanjutan 2019–2022.

"Di mana progres per 7 Juni 2020 sudah mencapai 31,10 persen dengan kegiatan, yaitu soil replacement dan reklamasi," imbuh Dirut PT Pelindo IV Prasetyadi.

Selama masa pandemi COVID-19,  lanjut dia, proyek pembangunan MNP memang tetap berjalan dengan normal, begitu juga dengan proyek-proyek strategis nasional lainnya seperti Kendari New Port (KNP) di Sultra, Pelabuhan Bitung di Sulut dan Pelabuhan Pantoloan di Sulteng.  Suasana aktivitas Makassar New Port (MNP) yang sudah dioperasian sebagian, MNP merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional dibawah naungan PT Pelindo IV, Makassar. ANTARA Foto/ HO/Humas Pelindo IV

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024