Makassar (ANTARA) - Kabupaten Barru mempersiapan Kawasan Ekonomi Terpadu (Kapet) untuk mendukung distribusi gas alam dari Kabupaten Wajo ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Hal itu dikemukakan Sekda Barru Andi Abustan di sela kehadirannya di Makassar, Kamis.

Upaya tersebut, kata dia, sebagai bagian dari usaha meningkatkan kerja sama antardaerah dengan memanfaatkan gas alam yang ada di Kabupaten Wajo untuk industri dan masyarakat Sulsel.

Selanjutnya, mencoba memikirkan dan mewujudkan pipanisasi gas di Kabupaten Wajo untuk dialirkan ke Kabupaten Barru guna mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Barru, kemudian pipanisasi dapat disambungkan ke Makassar.

Apabila memungkinkan, akan dilanjutkan keKabupaten Bantaeng, mengingat di Bantaeng telah ada smelter. Jika bahan bakarnya dari gas, akan menghasilkan nikel kelas satu.

Begitu pula ke depannya, lanjut Abustan, Sulsel khususnya sangat potensial untuk electrical vehicle industry guna menghasil industri baterai sebagai energi masa depan dengan memanfaatkan gas sebagai bahan bakarnya.

"Jadi, dengan adanya sejumlah program itu diharapkan dapat mewujudkan Barru selaku kota yang akan berkembang pesat," kata Abustan.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024