Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah kembali melakukan kunjungan ke Kabupaten Luwu Utara untuk melihat langsung kondisi terkini para korban banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah di kabupaten tersebut pada 13 Juli 2020 lalu.

Gubernur tiba di Kabupaten Luwu Utara, Senin menggunakan helikopter Puma milik TNI AU, dan disambut langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di Bandar Udara Andi Djemma Masamba.

Kedatangan Nurdin Abdullah bukan hanya meninjau progres pembangunan hunian sementara bagi para korban, tetapi kembali menyalurkan sejumlah bantuan bagi korban.

Sehingga sebelum bertolak ke lokasi pengungsian, Nurdin Abdullah menyerahkan bantuan secara simbolis dari Lions Club berupa logistik bagi para pengungsi yang dilanjutkan dengan peninjauan hunian sementara (Huntara) di Dusun Pannampung, Desa Radda.

"Ini sudah setengah hunian tetap, tinggal dilanjutkan saja menjadi hunian tetap sesuai arahan Pak Menko PMK. Saya minta ibu bupati untuk segera direalisasikan, sambil menunggu hunian jadi," katanya.

Mengenakan pakaian dinas lengkap, Nurdin Abdullah secara blusukan meninjau kondisi kesehatan warganya. Ia sempat pula berbincang cukup lama dengan para korban banjir bandang.

"Semoga hunian ini segera rampung, dan dapat digunakan oleh warga yang kehilangan tempat tinggal mereka," harap dia.

Seperti yang diketahui, Pemprov Sulsel dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah membangun 100 unit Huntara dari rencana awal sebanyak 400 unit. Namun 300 unit akan dialihkan untuk pembelian lahan perumahan hunian tetap seluas 8 hektar.

Usai berkunjung ke Luwu Utara, Gubernur Sulsel bertolak ke Tana Toraja untuk meninjau Bandar Udara Toraja Buntu Kunik.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024