Makassar (ANTARA News) - Pulau wisata Takabonerate di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, disiapkan menjadi lokasi memancing bagi pecinta olah raga mancing dunia.

Selain itu, menjadi tempat tujuan wisata dengan keindahan terumbu karang dan biota lautnya.

"Penyelenggaraan Takabonerate Island Expedition ke-2 dilakukan berdasarkan tiga pendekatan yakni sebagai tempat tujuan wisata dengan biota lautnya yang indah, lokasi lomba mancing di dunia dan tempat penelitian bagi para ilmuwan," kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat melepas peserta ekspedisi di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Selasa.

Kegiatan yang digelar sebagai agenda pariwisata tahunan Sulsel ini bertujuan untuk memperkenalkan panorama taman nasional tersebut dan keindahan wisata bahari di Sulsel sebagai salah satu kekayaan alam yang dimiliki daerah.

Ekspedisi yang digelar 26-29 Oktober 2010 ini menggunakan KRI Surabaya-591 dengan agenda kegiatan lomba mancing, "fun diving, pelatihan, upacara peringatan hari sumpah pemuda, atraksi seni budaya dan hiburan artis.

Ia berharap kegiatan ekspedisi ini dapat menjadi Sail Takabonerate dan dapat digelar pada tahun kunjungan wisata Sulsel 2012 serta dapat menjadi tempat persinggahan kapal pesiar dunia.

Sebanyak 700 peserta, 20 wisatawan asing dari delapan negara yang akan mengikuti konferensi lingkungan di Bali dipastikan ikut dalam penyelenggaraan ekspedisi kali ini.

Pada pelepasan peserta ekspedisi tersebut hadir pula Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lantamal) VI, Brigjen TNI Chaedier Patonnory, Rektor Universitas Hasanuddin Idrus Paturusi, anggota DPR RI Emil Abeng serta sejumlah kepala dinas terkait. (T.KR-RY/F003)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024