Makassar (ANTARA) - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Parepare memperketat penerapan protokol kesehatan di kawasan pelabuhan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Hal itu dikemukakan General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Parepare Muhammad Ilyas di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Dia mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai langkah preventif sebagai upaya penyebaran COVID-19 sejak Februari 2020.

"Berbagai langkah preventif tersebut sudah dilakukan sejak Februari 2020, sejak ada surat edaran Dirut PT Pelindo IV untuk mengantisipasi wabah COVID-19 dan hingga saat ini protokol kesehatan itu diperketat," katanya.

Dia mengatakan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 itu karena pelabuhan cukup riskan, mengingat ini adalah salah satu pintu keluar masuk orang dan barang di Kota Parepare dari Kalimantan dan sekitarnya.

Adapun upaya yang dilakukan pihaknya di antaranya dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan, terutama untuk fasilitas umum yang ada di Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Fasilitas pelabuhan seperti kursi, tangga menuju ke kapal hingga alat untuk mengangkut barang penumpang disemprot dengan cairan disinfektan. Semua penumpang yang akan naik dan turun juga kami lakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat thermal scanner,” katanya.

Tak hanya itu Manajemen Pelindo IV Cabang Parepare juga menyediakan hand sanitizer atau cairan antiseptik untuk mencuci tangan di tempat-tempat umum, seperti terminal penumpang dan dekat akses masuk ke dalam gedung kantor.

Sedang untuk social distancing atau menjaga jarak utamanya di terminal penumpang, agar ada jarak minimal satu meter bagi para penumpang yang sedang menunggu kapal dan sebagainya.

Hal itu dibenarkan oleh salah seorang penumpang tujuan Balikpapan, Kaltim Nur Halima.

Dia mengatakan di ruang tunggu penumpang, kursi yang digunakan harus terdapat kursi yang dikosongkan untuk memberi jarah antara satu penumpang dengan penumpang lainnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024