Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulsel, menyatakan siap membantu para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar produknya masuk ke pasar swalayan.

Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin di Makassar, Rabu, mengatakan beberapa produk dari UMKM di Makassar sudah cukup bagus dan memang seharusnya sudah terserap masuk ke pasar swalayan.

"Yang pasti ada syarat-syarat jika produk bisa terserap masuk ke pasar swalayan dan ini yang harus diketahui oleh para pelaku usaha kita. Selebihnya kami yang akan membantu agar produknya bisa terserap," ujarnya.

Ia mengatakan untuk bisa terserap masuk ke pasar swalayan, pihaknya pun telah menyiapkan langkah-langkah untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar lebih maju.

Beberapa upaya yang dilakukannya dengan meminta Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar agar menyiapkan produk-produk UMKM untuk dijual ke swalayan dan hotel-hotel.

"Kemarin saya sudah minta Dinas Koperasi untuk memilih produk-produk UMKM yang sudah siap masuk ke toko-toko. Nanti kita buatkan surat edaran untuk seluruh produk kita yang sudah unggul ke semua supermarket misalnya Alfamart atau hotel untuk disediakan tempat," katanya.

Rudy menjelaskan produk UMKM pilihan tersebut harus memenuhi standar pasar di antaranya kualitas, kuantitas, dan kontinuitas.

Pertama kualitas produk tersebut harus terjaga dengan baik saat perdana dimunculkan hingga berkelanjutan. Kedua kuantitas harus memenuhi jumlah tertentu yang layak diterima pasar. Ketiga kontinuitas yang menjaga stok produk harus tetap ada.

"Kita juga berikan pelatihan dari konsultan branding. Kenapa kita target swalayan seperti Alfamart, karena mereka memiliki jaringan seluruh Indonesia. Kalau UMKM kita menghasilkan profit bagi mereka, pasti Alfamart daerah lain melirik produk UMKM kita," ucapnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024