Makassar (ANTARA) - Perusahaan penyedia jasa solusi alat berat PT Trakindo Utama menyalurkan bantuan ribuan alat pelindung diri untuk membantu tenaga medis dalam menangani pasien corona virus disease atau COVID-19 di Rumah Sakit Umum Pusat Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Melalui bantuan ini kami berharap bisa mendorong upaya kolaboratif dari berbagai pihak untuk bersama melawan COVID-19, sekaligus mendukung pemenuhan keamanan bagi tenaga medis selama bertugas sebagai garda terdepan," ujar General Manager East Indonesia Trakindo, Tema S Mendrofa, Sabtu.

Jumlah bantuan APD yang disalurkan Trakindo kepada RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, terdiri dari 5.350 buah masker N95, 600 baju hazmat suit, 1.200 face shield (penutup wajah), 6.000 safety gloves, dan 885 buah kacamata medis.

Ia menjelaskan, hadirnya program bantuan kemanusiaan Trakindo tersebut merupakan bentuk komitmen berkelanjutan dari perusahaan untuk bersama-sama melawan pandemi Corona. Untuk itu, APD menjadi hal wajib dipenuhi seluruh tenaga medis guna meminimalisir resiko penularan, apalagi yang bertugas menangani pasien.

"Bantuan ini merupakan bagian dari empat pilar tanggung jawab sosial Trakindo, yaitu pendidikan, bantuan kemanusiaan, kesehatan, dan lingkungan," kata Tema.

Pemberian donasi tersebut kepasa RSUP Wahidin Sudirohuso selain menjadi rumah sakit rujukan COVID-19, juga menangani banyak pasien rujukan dari daerah. Pemberian APD ini selanjutnya diserahkan kepada para tenaga medis yang bertugas merawat pasien Covid.

Tema menambahkan, dukungan terhadap para tenaga medis dalam menangani pasien ini sebagai program bantuan kemanusiaan Trakindo dan upaya berkelanjutan untuk bersama melawan pandemi Corona.

"Kami berharap, semoga bantuan tersebut dapat membantu para tenaga medis yang bertugas. Kami senantiasa berdoa untuk para tenaga medis yang hingga kini terus mengemban misi mulia bagi Indonesia," tambahnya.

Kepala Sub Bagian Humas RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, Aulia Yamin saat menerima bantuan ribuan APD dari Trakindo itu mengucapkan rasa terima kasih atas dukungannya membantu tenaga medis yang bekerja sebagai garda terdepan.

"Kami tentu sangat mengapresiasi donasi APD dari PT Trakindo Utama untuk RS Wahidin sebagai rumah sakit rujukan COVID-19. Saat ini memang masih sangat membutuhkan APD dalam melakukan penanganan pasien COVID-19. Kami juga telah menambahkan unit khusus yang tentu setiap petugasnya membutuhkan APD," ujarnya.

Sebelumnya, Program Bantuan Kemanusiaan Trakindo telah dilaksanakan ke beberapa wilayah lain di Indonesia yang diwakilkan melalui cabang Trakindo di lebih dari 23 titik di Indonesia meliputi Jakarta, Banjarmasin, Surabaya, dan kota-kota lainnya.

Bantuan tersebut berupa ribuan APD mulai dari baju hazmat suit, protective apparel, safety gloves dan masker N95 yang diserahkan ke tiap-tiap cabang dan didistribusikan ke Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan rujukan untuk penanganan COVID-19.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024