Makassar (ANTARA News) - Sekitar 1.300 wisatawan mancanegara (wisman) yang berkeliling Samudera Pasifik dengan menumpang kapal pesiar Costa Romantica akan mengunjungi Kota Anging Mammiri Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (10/11).

Direktur Eksekutif Badan Pengembangan dan Promosi Pariwisata Makassar, Nico B Pasaka di Makasar, Selasa, mengatakan, kunjungan kapal pesiar Italia itu merupakan kunjungan kesekian kalinya dari beberapa kapal pesiar lainnya.

"Kapal pesiar asal Italia Costa Romantica yang berkeliling Samudra Pasifik akan berlabuh di Pelabuhan Makassar, Rabu pagi dan rencananya akan membawa sekitar 1.300 wisman dari Eropa, Amerika dan Asia," ujarnya.

Kapal pesiar berkapasitas sekitar 1.300 penumpang dan kru kapal sebanyak 600 orang itu merupakan kapal pesiar terbesar yang mengangkut penumpang lebih dari 1.000 orang wisatawan.

Kapal pesiar itu diperkirakan berlabuh di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar sekitar pukul 08.00 Wita dari Singapura.

"Mereka setelah dari Singapura langsung ke Pelabuhan Makassar dan ini pelabuhan pertama yang dikunjungi setelah berkeliling di Singapura. Selanjutnya, pada pukul 19.00 Wita, kapal itu akan berangkat menuju Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT)," katanya.

Menurut dia, sebagai ibukota Provinsi Sulsel, Makassar mempunyai potensi yang besar untuk menjadi tujuan wisata kapal pesiar. Potensi ini tidak terlepas dari banyaknya objek wisata yang menarik perhatian para penumpang kapal pesiar.

Dengan menjadi tujuan wisata kapal pesiar, katanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan pelayanan kepada para penumpang kapal pesiar.

Misalnya pengembangan fasilitas dermaga yang baik untuk kapal ataupun fasilitas sandar untuk perahu kecil, memenuhi standar internasional yakni kode ISPS serta mengidentifikasi dan mengembangkan daerah tujuan wisata.

"Jika kami melakukan hal itu, Makassar akan menjadi perhatian kapal pesiar untuk menjadi tujuan wisata mereka," katanya.

Ia menambahkan, fasilitas dermaga Pelabuhan Makassar saat ini sudah baik dan sudah termasuk dalam rute dari Singapore dan Australia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Makassar Rusmayana Majid mengaku jika kunjnungan wisatawan mancanegara asal Jerman, Italia, Prancis dan Amerika serta beberapa wisman Asia lainnya itu menjadi sangat spesial karena kunjungannya bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Makassar ke 403.

"Beberapa persiapan sudah kami lakukan untuk kunjungannya, termasuk menyiapkan tarian penyambutan seperti tari Ganrang Bulo dan Pa'duppa. Penyambutan dengan tari-tarian itu akan dilakukan hingga 45 menit," katanya. (T.KR-MH/F003)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024