Pinrang, Sulsel (ANTARA) - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia berkomitmen mendukung penerapan layanan mobil uji tanah dan program kartu tani yang dicanangkan Kementerian Pertanian.

Hal tersebut dikemukakan Vice President (VP) Penjualan Retail Wilayah II Petrokimia Gresik, Muhammad Ihwan F ketika audiensi dengan Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid di Kabupaten Pinrang, Sulsel, Selasa.

Dia mengatakan, selaku perusahaan milik negara, maka selain turut bertanggung jawab menyediakan pupuk bersubsidi dan menyalurkan kepada petani sesuai penugasan pemerintah, juga mendukung program pertanian di suatu daerah.

"Salah satunya dengan penyaluran pupuk skema subsidi, baik melalui produsen maupun kartu tani, maka kami siap mendukung Pemkab Pinrang untuk mendukung tercapainya ketahanan pangan nasional," katanya.

Kabupaten Pinrang merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Sulsel yang mendapatkan intervensi positif dari Petrokimia Gresik didukung dengan fasilitas 20 gudang yang tersebar di Sulsel.

Kabupaten Pinrang yang julukanya bumi "Nenek Mallomo" ini memiliki satu unit gudang penyangga dengan kapasitas muat 2.000 ton beras.

"Kami siap mendukung program peningkatan produktivitas pertanjan di Pinrang
dengan menghadirkan pupuk berkualitas serta kawalan pertanian yang komprehensif," kata Ihwan.

Karena itu, lanjut dia, dengan adanya layanan mobil uji tanah yang dialokasikan Petrokimia ini, petani sudah dapat menentukan pilihan pupuk yang tepat dan penggunaannya yang pas dapat menjamin peningkatan produktivitas pertanian demi kesejahteraan petani.

Sementara itu, Andi Irwan menyampaikan apresiasinya pada pihak Petrokimia yang memberikan perhatian dan dukung penuh untuk peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Pinrang.

"Tentu dukungan ini kami sambut positif dan akan menjadi penyemangat bagi petani kita untuk meningkatkan produktivitasnya," katanya. Suasana Vice President (VP) Penjualan Retail Wilayah II Petrokimia Gresik, Muhammad Ihwan F disela audiensi dengan Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid di Kabupaten Pinrang, Sulsel, Selasa. ANTARA Foto/ HO / Humas Petrokimia Gresik

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024