Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat berupaya menyiapkan informasi statistik yang akurat untuk mendukung kebijakan pembangunan di Sulbar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Persandian dan Statistik Provinsi Sulbar, Safaruddin Sunusi, DM, di Mamuju, Rabu mengatakan, Pemprov Sulbar sangat membutuhkan data dan informasi statistik yang akurat untuk mendukung suksesnya pembangunan.

Ia mengatakan, data berkualitas untuk Indonesia Maju, sangat dibutuhkan sebagai rujukan dalam melakukan analisis kebutuhan dan perumusan kebijakan pada seluruh sektor pembangunan.

"Prinsip satu data, yaitu standar data, meta data, inter operabilitas data dan kode referensi harus dipenuhi pemerintah Sulbar," katanya.

Olehnya itu ia berharap, peran seluruh pihak baik kabupaten maupun pemerintah provinsi dalam menyediakan data, yang nantinya dipublikasikan dan disajikan dalam bentuk buku dan e-book melalui website Pemprov Sulbar.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris DP mengatakan, kesadaran statistik bagi para responden, produsen, dan konsumen data, perlu ditingkatkan dan memberdayakan mereka secara maksimal menuju terwujudnya sistem statistik nasional yang akurat, berkualitas dan bermanfaat.

"Merencanakan kebijakan pembangunan menuju Indonesia maju, berdaya saing dan unggul di segala bidang kehidupan, dapat diwujudkan jika semua pihak pemerintah dan lapisan masyarakat untuk sadar tentang statistik," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024