Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan, pihaknya bersama Polri tetap berkomitmen mengawal penanganan COVID-19 sebagai tim satgas.

Pangdam XIV di sela peringatan HUT Ke-75 TNI di Makassar, Senin, mengatakan peran TNI/Polri dalam Satgas COVID-19 itu diwujudkan di lapangan dengan membantu meringankan beban masyarakat dan petugas kesehatan.

Sebagai gambaran pembagian APD kepada petugas medis di sejumlah rumah sakit dan pembagian sembako pada masyarakat terdampak COVID-19 telah dilakukan.

Mengenai perayaan yang tidak semeriah pada HUT TNI tahun-tahun sebelumnya, Andi Sumangerukka mengatakan hal ini karena harus menjaga protokol kesehatan COVID-19.

"Jadi perayaan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini upacara dilakukan secara virtual dan tidak ada pagelaran defile," katanya.

Sedang peranan TNI dalam membantu pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi, lanjut dia, pihak TNI juga telah melakukan pendampingan dan memberikan bantuan kepada kelompok usaha kecil agar dapat menjalankan usahanya di masa pandemi COVID-19.

Salah satu contoh, pemberian gerobak untuk menjual kue tradional "baroncong" pada mitra dampingan sejumlah Koramil di lapangan.

Pada peringatan HUT ke-75 TNI di Makodam, juga digelar lomba baris-berbaris antarbalak dan yang memenangkan lomba adalah Tim gabungan 3 Ajendam dan Kesdam sebagai juara pertama dengan nilai 494.

Selain itu, penampilan grup tari poco-poco dan drum band dari personel Kowad memberikan sajian hiburan kepada tamu kehormantan diantaranya Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari. Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka seusai upacara virtual peringatan HUT ke-75 TNI di Makodam Hasanuddin, Makassar, ANTARA Foto / Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024