Mamuju (ANTARA) - Kapolres Majene Ajun Komisaris Besar Polisi Irawan Banuaji mengajak masyarakat mengggunakan masker sebagai tameng dari penularan COVID-19 sehingga tidak menjadi beban dalam penggunaannya dan sebagai kebiasaan saat melaksanakan aktivitas sehari-hari di tengah pandemi.

"Masker harus menjadi senjata utama kita sebagai tameng untuk mengantisipasi ancaman COVID-19. Ke mana-mana masker harus digunakan dan itu harus sudah menjadi kebiasaan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari," kata dia di Maneje, Senin.

Meski belum ada vaksin COVID-19, lanjutnya, banyak cara dilakukan untuk menghindari ancaman virus tersebut, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat serta mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Penggunaan masker salah-satunya cara terampuh untuk menghindari penyebaran COVID-19. Di manapun, kapanpun, saat beraktivitas di luar rumah, masker harus tetap kita kenakan demi kita dan siapa saja," katanya.

Ia juga mengingatkan seluruh personel Polres Majene menjadi contoh bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona jenis baru itu.

Ia menegaskan personel untuk tidak membuat ataupun mendukung kegiatan yang merusak upaya yang selama ini dilakukan dalam upaya menggalakkan penggunaan masker maupun menjaga jarak.

"Kawan-kawan kita sudah aktif melakukan operasi yustisi di lapangan. Jangan sampai tercoreng hanya karena segelintir oknum yang tidak mengenakan masker, khususnya saat berpakaian dinas," ujar Irawan Banuaji.

Upaya pencegahan penyebaran virus, kata dia, harus efektif dilakukan berbagai kalangan masyarakat.

"Jadi, jangan sampai hal-hal kecil membuat usaha kita menerapkan protokol kesehatan di tengah masyarakat jadi sia-sia. Intinya, kita harus jadi contoh di tengah masyarakat dan menekankan bahwa maskermu melindungiku, maskerku melindungimu," kata Irawan Banuaji.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024