Pangkep, Sulsel (ANTARA News) - Sebanyak dua gua baru masing-masing diberi nama Gua Monyet dan Gua Pising-Pising ditemukan di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan.

"Kedua gua itu ditemukan dalam pekan ini dan sudah dimasukkan dalam pendataan Suaka Sejarah Pemkab Pangkep," kata Koordinator Suaka Sejarah Kabupaten Pangkep Mashud di Kabupaten Pangkep, Minggu.

Dia mengatakan, gua yang ditemukan di sekitar kawasan pabrik semen Tonasa II itu, khusus di Gua Monyet terdapat sembilan gua yang memiliki tulisan dan gambar prasejarah.

Sedangkan di Gua Pising-Pising, lanjut dia, ditemukan tulang-belulang manusia dan monyet. Bukti prasejarah tersebut sementara diteliti lebih lanjut oleh pihak Suaka Sejarah setempat dan Suaka Sejarah dan Perlindungan Benteng Rotterdam.

Lebih jauh dikatakan, ditemukannya dua gua baru tersebut, turut menambah kekayaan situs purbakala di daerah yang lokasinya sekitar 47 kilometer dari Kota Makassar.

"Saat ini sudah terdapat 40 lebih gua yang ditemukan di sekitar gunung karst (kapur) di Pangkep," katanya.

Dari 40 lebih gua yang ada di Kabupaten Pangkep, Mashud mengatakan, sebagian telah dikelola oleh pemerintah seperti Gua Mimpi dan Gua Sumpangbita di kawasan wisata alam Sumpangbita.

Selain itu, lokasi wisata alam Minasa Te'ne yang sementara dalam tahap pengembangan. Wisata tersebut memiliki tujuh buah gua diantaranya Gua Ulu Tedong, Gua Leang Kassi, Gua Babi dan Gua Batang Lamara.(T.S036/I006)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024