Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan siap menghadirkan para tenaga ahli pertanian untuk membina dan memberikan pelatihan bagi para petani dalam upaya mengembalikan kejayaan jeruk Selayar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulsel, Andi Ardin Tjatjo mengatakan para petani akan dididik melalui sekolah vokasi yang akan dibangun Pemprov Sulsel di daerah itu.

"Jadi nanti akan dilaksanakan sekolah petani layaknya pendidikan vokasi yang fokus memberikan keterampilan bagaimana menanam jeruk yang baik," kata Andi Ardin dikonfirmasi dari Makassar, Senin.

Ia menjelaskan, para petani ini akan diberikan pemahaman baik dalam pengunaan pupuk, pemilihan bibit unggul hingga penanganan lahan pasca panen.

Selain itu, Pemprov juga sudah menyiapkan berbagai program pengembalian kejayaan keprok Selayar, dimulai dengan pengunaan bibit asli Selayar.

Kemudian melakukan kajian plasma nutfah untuk mendapatkan sumber bibit unggul khas Selayar, serta membangun instalasi kebun benih dan kebun plasma nutfah.

Demikian juga penyempurnaan rekomendasi teknologi tepat guna dan budidaya tanaman, melakukan daerah percontohan atau mengembangkan pertanaman jeruk keprok Selayar, berskala kawasan 50-100 hektare per kawasan.

Begitupun dengan pengembangan jeruk Selayar sebanyak 9.000 pohon. Juga sudah ditetapkan 300 pohon induk dan akan menjadi batang bawah Selayar. Setiap pohon bisa membibitkan sampai 300 ribu pohon per tahun.

Untuk penetapan calon petani dan kawasan pengembangan sudah ada seluas 100 hektare serta penyiapan kawat duri sebanyak 1.300 rol.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024