Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mengapresiasi program pembuatan kapal Rooll Of Rooll (Roro) Kementerian Perhubungan untuk masyarakat Sulsel.

"Pemprov Sulsel mengucapkan terimakasih banyak kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang begitu tahu betul apa yang menjadi kebutuhan kita di Sulsel," ujar Nurdin di sela peresmian KMP Takabonerate di Kawasan PT IKI, Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, setidaknya ada 330 daerah kepulauan, dan terbanyak di Kabupaten Kepulauan Selayar dan Pangkep.

Terkhusus untuk satu kabupaten di Sulsel yakni Luwu Timur yakni di Danau Matano dan Danau Towuti sudah dibuatkan kapal penyeberangan khusus dengan kapasitas yang berbeda dari Kementerian Perhubungan RI.

"Pemprov Sulsel menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan PT IKI karena tepat hari ini, kita sama-sama meluncurkan Kapal Roro untuk masyarakat Kepulauan Selayar dengan kapasitas 500 GT," jelasnya.

Mewakili seluruh masyarakat Sulsel, khususnya Kabupaten Selayar, Nurdin Abdullah mengucap syukur dengan adanya kapal ini. Pasalnya, kapal ini akan mempermudah pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat untuk menyeberangkan kendaraannya dari Selayar-Bira maupun Bira-Selayar.

"Dengan kehadiran kapal Roro ini, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Sulsel, baik dari Selayar ke Bira maupun dari Bira ke Selayar," katanya.

Selain itu juga memberikan dampak positif untuk sektor pariwisata, karena pengujung memiliki alternatif untuk lewat laut atau udara. Dirjenhubdat Kemenhub RI Budi Setyadi (kiri) dan Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah (tengah) di kawasan PT IKI, Makassar, Rabu (4/11/2020). ANTARA Foto / Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024