Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar segera menyasar supir angkot (angkutan kota) yang disebut "supir pete-pete" untuk melakukan tes usap atau swab test dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19).

"Kenapa supir pete-pete, karena kita belum pernah jangkau mereka padahal kita tahu bahwa mereka banyak berinteraksi dengan masyarakat secara luas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Agus Jaya Said di Makassar, Jumat.

Kata dia, kegiatan ini telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kota Makassar untuk menyiapkan data terkait supir angkot yang keluar-masuk terminal Mallengkeri Makassar.

Kemudian kegiatan ini akan dilanjutkan oleh pihak Puskesmas yang dalam wilayahnya terdapat terminal, termasuk Terminal Daya Kota Makassar.

Pada pelaksanaannya, masih menunggu berbagai kesiapan Dinas Kesehatan mulai dari SDM yang akan diturunkan, bahan serta peralatan tes. Termasuk menunggu data dari Dishub terkait total supir angkot di Makassar.

"Pokoknya kita usahakan sebanyak-banyaknya untuk melakukan tes usap sesuai kemampuan kita berdasarkan bahan tes swab yang kita punya," lanjutnya.

Selain itu, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN), Pemkot Makassar juga menggelar bagi-bagi masker ke berbagai fasilitas umum sebagai upaya disiplin protokol kesehatan di masyarakat.

"Berkaitan dengan HKN dan seiring hari jadi Kota Makassar, maka sejak kemarin kita lakukan bagi-bagi masker di tempat umum, seperti Terminal Daya dan Mallengkeri serta cafe. Kita juga bagi masker di Lego-lego dan Anjungan Pantai Losari," ujarnya.

Sementara di tempat lain, Dinkes Makassar, Jumat (13/ 11) kembali membagikan masker dengan menyasar area pasar tradisional se-Kota Makassar.

Menurutnya, Dinas Kesehatan memiliki tugas utama pada pelayanan kesehatan yang berarti tetap melakukan pelayanan termasuk Puskesmas, khususnya pada pelaksanaan program trisula terdiri dari tracing, testing dan edukasi.

"Kita akan terus melihat bagaimana kasus yang tersebar dan puskesmas mana saja dengan penyebaran kasusnya tinggi. Di situ akan dilakukan atau dipusatkan tes usap," ujarnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024