Makassar (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD Sulawesi Selatan Selle KS Dalle mengatakan pembangunan menara kembar (twin tower) di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) akan menjadi sumber pendapatan baru khususnya pendapatan asli daerah (PAD).

"Jika melihat pergerakan ekonomi beberapa provinsi di Indonesia, Sulsel memiliki pergerakan ekonomi positif dibanding provinsi lain. Bahkan, jauh lebih tinggi dibanding rata-rata nasional," ujar Selle KS Dalle di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, berbagai program yang telah direncanakan oleh Pemprov Sulsel mesti didukung dan dijaga oleh semua pihak. Bukan hanya pemerintah, kata dia, tetapi semua pelaku ekonomi.

Selle menyatakan, koordinasi yang terbangun antara semua pemangku kepentingan dan pelaku usaha termasuk pemerintah saat ini masih terjalin dengan baik.

Menurut anggota Fraksi Partai Demokrat ini, sejumlah terobosan pemerintah provinsi perlu diapresiasi dan didukung, salah satunya pembangunan ikon baru yakni menara kembar tertinggi di Asia Tenggara.

"Kami di DPRD Sulsel tidak ada masalah, kami dari awal sudah setuju. Bahkan, jika berbicara dari gagasan awal kami dari DPRD Sulsel yang mendorong pembangunan tersebut," katanya.

Dia menuturkan, pembangunan menara kembar ini akan membebani anggaran daerah, khususnya APBD. Tetapi, jika menilik jangka panjangnya, maka akan menjadi sumber PAD baru.

"Kalau dilihat potensinya di sana, Twin Tower sistemnya serah kunci (turn-key), tetapi aset kita akan bertambah signifikan. APBD sementara akan terbebani, tapi dalam jangka panjang akan meningkatkan nilai aset pemprov yang sangat signifikan jika twin tower itu dibangun. Itu rumus dan kuncinya," terangnya.

Dia pun tidak mempersoalkan sepanjang utang dapat dikelola secara efektif dan tepat sasaran karena dalam jangka panjang pasti punya dampak ekonomi yang besar bagi Sulsel.

"Terkait kontroversi, kami apresiasi sejumlah pandangan yang ada sebagai warning bahwa gagasan yang awalnya baik mudah-mudahan sampai selesai baik pula," harapnya.

Lebih lanjut, pihaknya hanya meminta Gubernur Sulsel beserta tim teknis meluangkan waktu untuk presentase secara khusus sejumlah proyek strategis Sulsel yang akan didorong di tahun 2021.

"Sehingga kami sebagai wakil rakyat bisa memberikan informasi yang lengkap kepada rakyat. Yang bernada miring itu biasalah, karena pembangunan baru dimulai. Mereka masih kekurangan informasi sehingga masih ada yang bernada miring," ucapnya.

"Kawasan CPI tidak boleh sepenuhnya dikuasai swasta harus ada simbol pemerintah sehingga ke depan akses jaminan untuk menjaga kepentingan publik bisa terjaga dalam jangka panjang. Utamakan menghadirkan kepentingan publik terlebih dahulu," tambah Selle KS Dalle.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024