Sungguminasa, Sulsel (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Guru merupakan sumbu kekuatan bangsa dan masa depan bagi masyarakat maju dan sejahtera.

"Tidak ada kehidupan yang baik tanpa guru, kalau mau sebuah negara dan daerah maju, majukanlah pendidikan," ujarnya pada puncak peringatan hari PGRI di Sulsel di Lapangan Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa, Sabtu.

Kemajuan yang telah dicapai Sulsel selama ini, lanjutnya, tidak akan tercapai tanpa pendidikan yang baik.

Pendidikan adalah segalanya, dengan ilmu pengetahuan yang semakin maju, pembangunan kesehatan, ekonomi dan seluruh upaya yang dilakukan menuju kesejahteraan akan tercapai.

"Sulsel akan semakin maju ke depan bersama guru. Guru bagaikan air dan matahari yang membawa proses kehidupan di masa depan," tambahnya.

Para guru, lanjutnya, telah mengajarkan kebaikan melalui kesederhanaan, kekayaan moralitas serta pengabdian. "Guru adalah pejuang dan sangat berharga dalam kehidupan," ujarnya.

Dalam peringatan hari guru bertema memacu peran strategis guru dalam mewujudkan guru yang profesional bermartabat dan sejahtera tersebut Pemprov Sulsel juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah Sulsel.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan sebagai dorongan bagi pelajar untuk menabung sebagai program lanjutan dari program pendidikan gratis di tingkat pendidikan dasar.

Ketua PGRI Sulsel Muh. Asmin mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sulsel mendukung program ini.

"Anak-anak harus menabung, dengan pendidikan gratis anggaran untuk sekolah bisa ditabung. Paling tidak simpankan uang untuk anak," ujarnya.

Dengan program ini pihaknya berharap, anak-anak dari awal sudah gemar menabung dan masyarakat tidak terlalu konsumtif. (T.KR-RY/S016) 



Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024